Tentara Rusia Rebut Kota Kupyansk, Eks Penasihat Presiden: Zelensky Tak Becus Lindungi Negara!

VIVA Militer: Tentara Rusia
Sumber :
  • tass.com

VIVA – Proses evakuasi besar-besaran penduduk kota Kupyansk terus dilakukan pemerintah Ukraina, usai militer Rusia menggempur Oblast (Provinsi) Kharkiv, yang terletak di timur laut Ukraina, Sabtu 12 Agustus 2023.

TNI AL dan Angkatan Laut Singapura Gelar Latihan Memburu Ranjau Laut di Perairan Kepri

Lebih dari 12.000 warga sipil Kupyansk didesak untuk meninggalkan kota, akibat serangan masif Angkatan Bersenjata Federasi Rusia di kota tersebut.

Kupyansk yang berbatasan langsung dengan Rusia, diprediksi akan segera jatuh ke tangan tentara Rusia. Hal ini diungkap oleh mantan Penasihat Presiden Ukraina, Oleg Soskin.

Hussain Mekky, Komandan Hizbullah Tewas Dibom Jet Tempur Israel

Soskin yang merupakan Penasihat Presiden Ukraina ke-2, Leonid Kuchma, merasakan jika kejatuhan Kupyansk tinggal menunggu waktu.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF)

Photo :
  • sputnikmediabank.com
Pastikan Kesiapan Satgas Udara KTT WWF di Bali, Panglima Koopsud II Turun Gunung

Setelah itu, Ukraina juga akan kehilangan Kharkiv seperti halnya Artyomovsk (Bakhmut) di Republik Rakyat Donetsk (DPR). 

Melihat situasi ini, Soskin menyebut jika semua kejadian ini adalah bukti ketidakmampuan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, menjaga keamanan negara.

"Saat kehilangan Kupyansk semakin dekat, setelah itu mereka akan pergi ke Kharkiv. Kupyansk akan berubah menjadi Artemovsk dengan semua konsekuensi selanjutnya," ucap Soskin.

"Situasi tersebut menunjukkan bahwa Zelensky tidak mampu melindungi negara," dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, RIA Novosti.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF)

Photo :
  • sputnikmediabank.com

Sehari sebelumnya, Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan militer Rusia telah memperbaiki situasi di sepanjang garis depan ke arah Kupyansk. 

Selain itu, Kepala Administrasi Sipil-Militer Kharkiv, Vitaly Ganchev, mengatakan jika posisi pasukan militer Rusis hanya berjarak beberapa kilometer saja dari Kupyansk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya