Peringatan Keras Mayjen TNI Untung ke Prajurit di Demo 212

VIVA Militer: Mayjen TNI Untung periksa pasukan.
Sumber :
  • Penerangan Yonif Mekanis 202/Tajimalela

VIVA – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) Jaya/Jayakarta, Mayor Jenderal TNI Untung Budiharto baru saja menggelar apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan unjuk rasa alias demo massa yang mengatasnamakan Reuni 212.

Kabar Duka TNI, Kolonel IG Agung Suryawijaya Meninggal Dunia

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Kodam Jaya dilansir VIVA Militer, Jumat 23 September 2022, sebanyak 1290 prajurit TNI dikerahkan untuk mengamankan jalannya unjukrasa yang digelar di sekitar Tugu Monumen Nasional, Patung Kuda, dan Gedung DPR/MPR RI Senayan, Jakarta.

Sebanyak 1290 prajurit TNI itu terdiri dari 13 Satuan Setingkat Kompi (SSK). Mereka berasal dari berbagai satuan yang berada di bawah kendali Kodam Jaya. Salah satunya prajurit-prajurit dari Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis 202/Tajimalela, TNI Angkatan Darat.

5 Negara Eropa yang Memiliki Kekuatan Militer Terkuat, Ada yang Masih Berperang

VIVA Militer: Mayjen TNI Untung periksa pasukan.

Photo :
  • Penerangan Yonif Mekanis 202/Tajimalela

Dalam apel gelar pasukan itu, Mayjen TNI Untung memperingatkan pasukan yang terlibat pengamanan untuk mengedepankan tindakan persuasif dan humanis. Dan yang terpenting, prajurit TNI dapat menahan diri dari berbagai provokasi yang mungkin saja muncul dalam demo nanti.

Panglima TNI Tunjuk Jenderal Berdarah Timor Leste Jadi Danrem 151/Binaiya Ambon, Ini Profilnya

"Jangan terpancing tindakan provokatif sehingga bertindak represif dan menggunakan kekerasan, tunjukan sikap santun dan hindari konflik yang berujung pada tuduhan pelanggaran hak asasi manusia," kata jenderal TNI berdarah Kopassus alumni Akademi Militer (Akmil) 1988 itu.

Baca: Sosok Pasukan Senyap Gung Ho Marinir TNI, Bisa Membunuh Pakai Mulut

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya