Bikin SIM Tidak Wajib Ikut Sekolah Mengemudi, Sertifikat Kursus Hanya untuk Mobil

Ilustrasi SIM
Sumber :
  • VIVA/Agus Setiawan

Jakarta – Ada beberapa berita yang tayang di VIVA Otomotif pada Kamis 22 Juni 2023, dan banyak dibaca sehingga menjadi terpopuler. Mulai dari bikin SIM tidak wajib ikut sekolah mengemudi, sampai dengan sertifikat kursus hanya untuk mobil.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

1. Bikin SIM Tidak Wajib Ikut Sekolah Mengemudi

Ilustrasi Ujian praktik SIM mobil berbasis E-Drives

Photo :
  • YouTube NTMC Polri
Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Untuk bisa mengoperasikan kendaraan bermotor di jalan raya, setiap orang harus memiliki Surat Izin Mengemudi atau SIM. Proses pembuatannya bisa dilakukan di Satpas SIM maupun Polres, sesuai dengan domisili.

Berdasarkan Peraturan Kepolisian nomor 5 tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi, diketahu bahwa salah satu syarat yang harus dipenuhi pemohon adalah melampirkan sertifikat dari sekolah mengemudi atau tempat kursus. Lihat informasinya di tautan ini.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

2. Sertifikat dari Sekolah Mengemudi Hanya untuk SIM Mobil

Sekolah Mengemudi yang mengeluarkan sertifikat mengemudi

Photo :
  • VIVA/Foe Peace

Salah satu kabar terbaru yang saat ini menyita perhatian masyarakat Indonesia, yakni tentang syarat memilki sertifikat dari sekolah mengemudi untuk proses pembuatan Surat Izin Mengemudi atau SIM.

Direktur Registrasi dan Identifikasi Korps Lalu Lintas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan bahwa masyarakat yang hendak uji kompetensi bisa datang ke tempat yang menyediakan fasilitas akreditasi. Simak detailnya di tautan ini.

3. Begini Kondisi Mobil Listrik Mewah Mercedes-Benz Sebelum Kecelakaan di Tol JORR

VIVA Otomotif: Kecelakaan mobil listrik Mercedes-Benz EQS di Tol JORR

Photo :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

Kecelakaan mobil mewah yang terjadi di Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road atau Tol JORR pada Rabu kemarin, menyita perhatian masyarakat Indonesia.

Peristiwa yang viral di media sosial itu melibatkan satu mobil listrik buatan pabrikan otomotif asal Jerman, yakni Mercedes-Benz. Kendaraan terlihat menabrak pembatas jalan, dan kondisi kerusakannya cukup parah. Baca selengkapnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya