Gara-gara ini, Sektor Otomotif Makin Bersinar di Survei IKI

Kementerian Perindustrian rilis hasil survei Indeks Kepercayaan Industri
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta – Industri otomotif menjadi salah satu sektor yang terus berkembang dan memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini berdasarkan Survei Indeks Kepercayaan Industri (IKI) pada Selasa, 27 Juni 2023, yang di rilis oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Moeldoko Sebut Insentif Hybrid Hambat Mobil Listrik, Toyota Komentar Pedas

Survei Indeks Kepercayaan Industri merupakan indikator derajat keyakinan atau tingkat optimisme industri manufaktur terhadap kondisi perekonomian, juga merupakan gambaran kondisi industri pengolahan dan prospek kondisi bisnis di Indonesia.

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI).

Photo :
  • Dok. VIVA
Uang Haram Potong Insentif di Pemkab Sidoarjo Diserahkan Anak Buah Gus Muhdlor lewat Sopir

Febri Hendri Antoni Arif selaku Juru Bicara Kementerian Perindustrian mengatakan bahwa dari 23 industri yang ekspansi, terdapat tiga industri atau sub-sektor utama yang paling menopang perekonomian Indonesia.

"Berdasarkan survei Indeks Kepercayaan Industri pada bulan Juni 2023, ada tiga industri yang memiliki nilai presentase ekspansi paling tinggi, yaitu industri otomotif, makanan, dan minuman," ujar Febri pada jumpa pers IKI di Kantor Kementerian Perindustrian, dikutip VIVA Otomotif Selasa 27 Juni 2023.

Pembiayaan Kendaraan Listrik Meningkat 338 Persen

Industri otomotif mencapai angka sekitar 55% lebih untuk angka ekspansi, kata Febri.

Ada beberapa hal yang menjadi faktor industri otomotif menjadi sektor yang memiliki nilai presentase tinggi, salah satunya karena kebijakan pemerintah terhadap insentif kendaraan listrik, juga ekspor. Hal ini disampaikan oleh Putu Juli Ardika selaku Direktur Jenderal Industri Agro dalam kesempatan yang sama.

"Kalau kita lihat, faktor jual beli di industri otomotif ini sangat tinggi, terutama pada masyarakat dengan pendapatan ke atas. Kemudian, adanya dampak dari kebijakan pemerintah seperti insentif kendaraan listrik itu juga berpengaruh," tuturnya.

Diperkirakan, sektor otomotif akan terus bertumbuh pada tahun-tahun selanjutnya, "Di samping itu, sejauh ini terlihat ada peningkatan penjualan motor seiring dengan industri ini sering meluncurkan produk-produk terbaru. Juga, untuk ekspor di industri otomotif juga memiliki peningkatan yang sangat baik. Hal ini berkemungkinan bahwa industri otomotif akan terus bertumbuh," tambah Putu.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita belum lama ini menyampaikan bahwa pemerintah akan mengeluarkan aturan-aturan regulasi terkait kompensasi dari penggunaan kendaraan listrik, sehingga lebih menggerakkan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan.

Sebagai informasi tambahan, menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat wholesales mobil nasional menembus angka 423.404 unit sepanjang Januari hingga Mei 2023. Sementara untuk retailsales sepanjang Januari hingga Mei 2023, menyentuh angka 422.514.

Hal ini menjadi penanda, bahwa industri otomotif menjadi peran krusial untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya