Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Kendaraan melintasi ruas jalan Tol Cipali-Palimanan (Cipali), di Purwakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Jakarta – Mudik Lebaran menjadi salah satu tradisi tahunan yang umumnya dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan diperkirakan, angka pemudik di tahun ini melonjak dibandingkan tahun kemarin.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Tercatat, sebanyak 6,8 juta mobil bakal melintasi tiga ruas jalan tol yang dikelola oleh Astra Infra. Adapun ketiga tol tersebut ialah Tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, dan Jombang-Mojokerto.

Rinaldi selaku Ketua Task Force Lebaran Astra Infra Group mengungkapkan angka tersebut meningkat sebanyak 3,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

"Angka pemudik yang akan melewati Tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, dan Jombang-Mojokerto di tahun ini meningkat 3,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya," kata Rinaldi dikutip VIVA Otomotif di Jakarta.

Astra Infra

Photo :
  • Arianti Widya
Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

Lebih rinci, Rinaldi mengungkapkan bahwa ruas Tol Tangerang-Merak akan dilewati sebanyak 3,5 juta kendaraan, dimana angka ini meningkat 3,6 persen dibandingkan periode mudik Lebaran tahun lalu.

Sementara untuk jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) akan dilewati oleh 2,1 juta kendaraan. Angka ini naik 2,2 persen dibandingkan tahun lalu.

Lalu, sebanyak 1,2 Juta kendaraan siap melalui Tol Jombang-Mojokerto untuk pulang ke kampung halaman. Angka ini naik 5,2 persen dibanding mudik Lebaran 2023.

Untuk menghadapi peningkatan arus mobil ini, Astra Infra telah mempersiapkan berbagai pelayanan-pelayanan terbaik untuk keamanan para pemudik.

Bahkan, Astra Infra juga telah melakukan koordinasi intensif dengan pihak terkait seperti Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korlantas Polri.

"Adapun kami telah mempersiapkan sekitar 500 unit CCTV, 7 unit traffic counter, call center 24 jam, 800 lebih personel, dan 90 lebih unit mobil operasional," jelas Rinaldi.

Tak hanya itu, Astra juga mempersiapkan lokasi rest area yang bisa digunakan dengan nyaman oleh para pemudik. Seiring dengan peralihan elektrifikasi, Astra Infra telah menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 8 titik.

Adapun 8 titik SPKLU tersebut berada di, rest area KM 43 A & 68 A ruas tol Tangerang- Merak, rest area KM 101 A, 130 A, 130 B Tol Cikopo-Palimanan, rest area Resta Pendopo KM 456 A & B Tol Semarang - Solo, dan rest area KM 695 A Tol Jombang-Mojokerto.

Lebih lanjut, Astra Infra turut menghimbau pemudik bisa melakukan persiapan mudik dengan baik, periksa mobil yang akan digunakan.

Selama di perjalanan, pemudik dihimbau untuk mengutamakan keselamatan dengan menjaga batas kecepatan dan beristirahat jika lelah, mengantuk, atau telah berkendara selama 4 jam berturut-turut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya