Daimler Ungkap Tantangan Hadirkan Bus Listrik ke Pasar Indonesia

Truk pintar Daimler.
Sumber :
  • www.nytimes.com

Jakarta – Elektrifikasi tidak hanya tentang mobil dan motor, tetapi juga meliputi kendaraan niaga. Sayangnya, belum banyak bus maupun truk yang berbasis teknologi listrik. 

Mobil Sport Listrik Ini Akhirnya Bisa Dipesan, Harga Rp1,1 Miliar

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) selaku distributor kendaraan niaga bus dan truk Mercedes-Benz pun mengungkapkan tantangan untuk menghadirkan bus listrik ke pasar Indonesia. 

Faustina selaku Head of Product & Marketing PT DCVI menyampaikan hal ini dikarenakan ekosistem kendaraan niaga di Indonesia belum terlalu siap terutama untuk stasiun pengisian daya atau charging station.

Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

"Kita lihat, saat ini ekosistem kendaraan niaga berbasis teknologi listrik ini belum memadai terutama untuk charging station nya ya," ujar Faustina dikutip VIVA Otomotif di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Bus Mercedess-Benz OH 1626L Euro 4

Photo :
  • Dok: DCVI
Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

Ia juga menyampaikan tantangan lainnya terletak di layanan purna jual, "Terus juga kita harus mempertimbangkan layanan aftersales kendaraan niaga listrik itu bagaimana dan seperti apa. Jadi, kita masih mempelajari tentang hal ini,"

Faustina pun mencontohkan bila ada kendala di bus listrik, pihaknya harus melakukan pemeriksaan dan menangani kendala ini secara tepat karena ini berkaitan dengan baterai.

"Bobot baterai dari bus listrik juga kan sebenarnya berat, bisa mencapai 600 kilogram. Misal, ada kendala atau permasalahan seperti kecelakaan, itu harus ada penanganan yang tepat tidak boleh asal-asalan," jelasnya.

Sebelumnya, DCVI sendiri pernah merencanakan untuk menghadirkan bus listrik ke pasar Indonesia pada tahun ini. Namun, rencana tersebut diperkirakan belum bisa terwujud dalam waktu dekat.

Padahal, Mercedes-Benz diketahui telah memiliki bus listrik perkotaan bernama eCitaro dan truk listrik eActros untuk pasar Global.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya