Adu Cepat Yaris Versus Jazz, Siapa Paling Laris?

Honda Jazz vs Toyota Yaris.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA – Sepertinya popularitas Honda Jazz di kelas hatchback akan segera gugur, sebab sejak PT Toyota Astra Motor (TAM) merilis Toyota Yaris terbaru pada Februari 2018, penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) Jazz terlihat mulai kendor, dan setiap bulannya penjualan Yaris lebih unggul.

Toyota Pamer Mobil Baru Penantang Honda Jazz

Menurut data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), Februari saat TAM mulai mendistribusikan Yaris dari pabrik ke diler mencapai 1.109 unit, sedangkan Jazz hanya 847 unit. Setelah itu berlanjut di Maret, lagi-lagi Yaris lebih unggul dengan catatan 1.287 unit terjual, sementara Jazz hanya 734 unit.

Bahkan keunggulan hatchback racikan Toyota itu terus berlangsung sampai April, dengan torehan angka 1.484 unit lebih banyak 84 unit ketimbang Jazz. Namun Honda pantas menyisakan senyum. Pasalnya, jika ditotal penjualan dari Januari sampai April, Jazz tetap lebih unggul dengan pencapaian 4.176 unit, sedangkan Yaris sebanyak 3.901 unit.

Suzuki Baleno Baru Meluncur, Harganya Lebih Murah dari Honda Brio

Karena menurut pihak Toyota Astra Motor (TAM), catatan angka 21 unit pada Januari itu masih diisi oleh Yaris model lama, sebab saat itu Yaris terbaru belum resmi meluncur. Sementara hatchback racikan Honda Prospect Motor (HPM) bisa lebih unggul, karena pasokan unit di Januari mencapai 1.195 unit.  

Oleh sebab itu, agen pemegang merek Honda itu masih menguasai pasar hatchback dengan market 34 persen hanya untuk Jazz, dengan bantuan Honda Civic turbo versi hatchback pangsa pasarnya meningkat lagi jadi 9 persen, karena dalam periode tersebut penjualan Civic tercatat 1.095 unit.

Toyota Hadirkan Yaris GR Sport Hybrid Edisi Khusus, Bonus PS5

“Performa penjualan kami di empat bulan pertama ini cukup stabil, didukung oleh kontribusi beberapa produk unggulan seperti Honda Jazz dan lainnya. Kami akan berusaha mempertahankan tren yang positif ini sekaligus terus memonitor kondisi pasar,” ujar Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy dalam siaran persnya.

Bocoran mobil baru Toyota Glanza edisi 2022

Mobil Baru Toyota Bensinnya 22 Km per Liter

Mobil tersebut diberi garansi selama tiga tahun atau jarak 100 ribu kilometer, dan hadir dengan banyak fitur canggih.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022