Keren, Malaysia Sudah Mulai Uji Coba Mobil Otonom

Teknologi mobil otonom.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Terobosan baru saat ini sepertinya tengah ditempuh Malaysia. Negeri Jiran dalam waktu dekat bakal menguji coba mobil otonom.

Tragis! Korban Tabrak Lari Terlindas Mobil Otonom

Mobil otonom sendiri merupakan teknologi otomotif yang memungkinkan manusia hanya berdiam diri saat berada di dalam mobil. Nantinya tugas sepenuhnya atau separuhnya dikerjakan oleh komputer yang sudah tersistem pada mobil.

Proyek uji coba itu sedianya bakal digarap Malaysia Automotive Robotics dan IoT Institute (MARii). Beberapa rincian tentang inisiatif autonomous vehicle test bed (AVTB) sudah disampaikan dan menurut rencana bakal dikembangkan di 2019 ini.

Puluhan Taksi Robot Error saat Terjebak Macet

Datuk Madani Sahari, Chief Executive Officer MARii mengatakan, dari rincian yang disampaikan pihaknya akan menguji berbagai teknologi yang berkaitan dengan kendaraan otonom untuk menilai kompatibilitasnya dengan infrastruktur dan lingkungan di Malaysia.

"Kami akan menguji semua teknologi ini dalam kendaraan otonom untuk memastikan bahwa mereka aman dan dapat diandalkan sesuai dengan kondisi lokal di Malaysia," katanya seperti dikutip Paultan, Selasa 22 Januari 2019.

BMW Bangun Sirkut Megah Demi Lawan Teknologi Otonom Tesla

Madani menambahkan pihaknya akan bekerja sama dengan kementerian dan lembaga lain seperti Futurise, GreenTech, departemen transportasi jalan (JPJ) dan Institut Riset Keselamatan Jalan Malaysia (MIROS) untuk mempermulus pengujian.

Kegiatan akan dilakukan dalam dua tahap, pertama adalah perencanaan. Sedangkan kedua yakni fase pengujian. “Kami telah mengunjungi fasilitas test-bed yang sama di tempat lain, termasuk Singapura, Eropa dan Jepang,” kata Madani.

Sekadar diketahui, di Malaysia, kendaraan otonom adalah salah satu fokus ke depan yang akan dimasukkan ke dalam tinjauan Kebijakan Otomotif Nasional (NAP), selain kendaraan listrik. (tp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya