Bedanya All New Yaris Standar dan TRD Enggak Cuma Tampilan

All New Toyota Yaris
Sumber :
  • TAM

VIVA – Meski masyarakat Indonesia banyak yang memilih mobil keluarga, namun penjualan mobil jenis hatchback hingga saat ini masih stabil angkanya. Kendaraan mungil ini banyak dipilih, oleh mereka yang butuh kepraktisan dan ruang parkir terbatas.

Suzuki Swift Generasi Baru Sudah Uji Coba di Jalan

Model yang ditawarkan oleh Toyota di segmen tersebut, adalah All New Yaris. Mobil ini pertama hadir pada 2006, dan diimpor secara utuh dari Thailand. Sepanjang perjalanannya di Indonesia, Yaris sudah mengalami ubahan beberapa kali.

Selain varian standar, PT Toyota Astra Motor sebagai agen pemegang merek, juga menghadirkan versi TRD Sportivo. TRD adalah kependekan dari Toyota Racing Development, yakni divisi khusus yang biasa menangani mobil tim balap Toyota.

Ini Perbedaan Mobil Hatchback dan City Car

Umumnya, produsen memberi label edisi balap pada model kendaraan yang mereka produksi untuk menarik perhatian konsumen. Tampilan eksterior yang gagah ala mobil sirkuit, rupanya banyak diminati oleh kaum muda.

Baca juga: Prabowo Apresiasi Polisi yang 'Dikerjai' Pemotor Nakal

Toyota Hadirkan Yaris GR Sport Hybrid Edisi Khusus, Bonus PS5

Namun, yang Toyota lakukan pada All New Yaris TRD Sportivo tidak hanya sekadar menambahkan label dan memasang bumper serta sayap. Mereka juga mengubah satu komponen pada sistem pengereman.

Dilansir dari laman resmi Toyota, Minggu 1 September 2019, sistem rem belakang yang digunakan varian TRD Sportivo sudah dibekali dengan model piringan cakram.

Sementara, varian standar dijual dengan sistem rem belakang masih berbentuk tromol. Secara spesifikasi, rem cakram jauh lebih pakem dan aman digunakan, terutama saat perjalanan panjang ke luar kota.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya