Bukan Xenia Atau Sigra, Ini Mobil Terlaris Daihatsu di Awal 2021

Daihatsu Gran Max pikap.
Sumber :
  • Daihatsu

VIVA – Angka penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih, pada awal tahun ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan Desember tahun lalu. Bahkan, hal yang sama juga terlihat jika acuannya adalah bulan yang sama di 2020.

Mobil Rp130 Jutaan Ini Laku Keras Menjelang Lebaran

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, pada Januari 2020 angka distribusi dari diler ke konsumen tercatat sebanyak 81.059 unit. Sementara di Desember 2020, angkanya yakni 68.698 unit.

Menurut informasi dari PT Astra Daihatsu Motor, dikutip VIVA Otomotif pada Kamis 11 Februari 2021, pengiriman unit dari diler ke konsumen di Januari tahun ini hanya 53 ribu unit saja, atau turun 21 persen jika dibandingkan dengan Desember 2020.

Mobil Termurah di Indonesia Punya Segudang Fitur

Meski demikian, ternyata kendaraan Daihatsu mengalami peningkatan penjualan. Jika di Desember tahun lalu mereka hanya bisa memasarkan 9.203 unit, maka bulan lalu angkanya naik 4 persen menjadi 9.528 unit.

Hal ini membuat pangsa pasar pabrikan otomotif asal Jepang itu berada di angka 17,6 persen. Ini merupakan sebuah prestasi yang cukup baik, karena pada Januari tahun lalu angkanya hanya 17,3 persen.

Daihatsu Ungkap Karakter Pemilik Mobil Buatan Mereka

Jika melihat dari jenis kendaraan yang dibeli oleh konsumen, maka pada Januari 2021 paling banyak laku adalah kendaraan niaga ringan, yaitu Daihatsu Gran Max Pick Up dengan angka 3.046 unit.

Posisi kedua dihuni oleh mobil yang masuk dalam segmen low cost green car atau LCGC, yakni Daihatsu Sigra yang laku 2.218 unit. Kemudian diikuti oleh sport utility vehicle Daihatsu Terios, yang terjual sebanyak 1.377 unit.

LCGC Daihatsu Ayla menempati urutan empat dengan angka 1.187 unit, lalu ada Gran Max Minibus sebanyak 868 unit dan Daihatsu Xenia dengan 654 unit.

“Daihatsu bersyukur dapat mengawali tahun 2021, dengan pencapaian yang lebih baik dibandingkan bulan lalu dengan market share 17,6 persen,” ujar Marketing Director merangkap Corporate Planning and Communication Director ADM, Amelia Tjandra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya