Daihatsu Pastikan Mobil yang Dipasarkan di Indonesia Aman

VIVA Otomotif: Booth Daihatsu di GIIAS 2023
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Tokyo, 21 Desember 2023Daihatsu Motor Company baru saja mengumumkan kabar yang cukup mengejutkan, di mana mereka sudah menerima hasil penyelidikan dari Komite Independen Pihak Ketiga yang ditugaskan untuk menyelidiki penyimpangan prosedur.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Perusahaan juga sudah melaporkan hasil penyelidikan ini kepada Kementerian Perumahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata dan Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang.

Penyelidikan menemukan bahwa ada 174 kasus baru dalam 25 item uji, selain penyimpangan trim pintu pada bulan April dan penyimpangan uji tabrakan tiang pada bulan Mei.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Ada penyimpangan yang ditemukan pada 64 model dan 3 mesin, termasuk yang telah dihentikan. Model tersebut termasuk kendaraan merek Daihatsu dan model yang dipasok sebagai model Original Equipment Manufacturing ke Toyota, Mazda dan Subaru.

VIVA Otomotif: Booth Daihatsu di Japan Mobility Show 2023

Photo :
  • Dok: ADM
Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Dalam pernyataannya, perusahaan meminta maaf kepada pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya karena telah menimbulkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran yang besar serta mengkhianati kepercayaan mereka.

Menanggapi temuan ini, Daihatsu hari ini memutuskan untuk menangguhkan sementara pengiriman semua model kendaraan Daihatsu yang dikembangkan saat ini, baik di Jepang maupun di luar negeri.

Mereka akan berkonsultasi dengan Kementerian Perumahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata serta otoritas terkait di masing-masing negara, dan melanjutkan tindakan yang diperlukan.

Sementara itu, PT Astra Daihatsu Motor memastikan bahwa semua mobil mereka yang diproduksi, didistribusi, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas dan keselamatan.

“Kendaraan Daihatsu juga sudah memenuhi regulasi yang berlaku,” ujar Marketing Director and Corporate Planning & Communication Director ADM, Sri Agung Handayani kepada VIVA Otomotif.

Agung menuturkan, bahwa perusahaan akan tetap berkoordinasi dengan pemerintah Indonesia terkait masalah itu.

“Pelanggan Daihatsu tetap dapat menggunakan kendaraannya dengan aman dan nyaman,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya