Daihatsu Setop Sementara Distribusi Mobil di Seluruh Dunia

Pabrik PT Astra Daihatsu Motor
Sumber :
  • Dok: ADM

Tokyo, 21 Desember 2023Daihatsu Motor Company pada Rabu kemarin menerima hasil penyelidikan dari Komite Independen Pihak Ketiga, yang ditugaskan untuk menyelidiki penyimpangan prosedur, yang kasusnya mencuat beberapa waktu lalu.

Spek dan Harga 7 Mobil Mewah Harvey Moeis yang Disita Kejagung, Rolls-Royce sampai Ferrari

Mereka telah melaporkan hasil penyelidikan ini kepada Kementerian Perumahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata dan Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang

Dikutip VIVA Otomotif dari laman resmi Daihatsu Jepang, penyelidikan menemukan bahwa ada 174 kasus baru dalam 25 item uji, selain penyimpangan trim pintu mobil pada bulan April dan penyimpangan uji tabrakan tiang pada bulan Mei.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta, Bandung, Bekasi, Bogor Senin 29 April 2024

Ada penyimpangan yang ditemukan pada 64 model dan 3 mesin, termasuk model dalam produksi atau pengembangan. Model tersebut termasuk kendaraan merek Daihatsu dan model yang dipasok ke Toyota Motor Corporation, Mazda Motor Corporation dan Subaru Corporation.

Panel Surya Atap di pabrik perakitan Daihatsu di Karawang Timur

Photo :
  • Dok: ADM
Resmi Debut di Auto China 2024, Begini Spesifikasi Jaecoo J7 PHEV

Daihatsu dengan tulus meminta maaf kepada pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya karena telah menimbulkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran yang besar serta mengkhianati kepercayaan mereka.

Menanggapi temuan ini, Daihatsu memutuskan untuk menangguhkan sementara pengiriman semua model mereka yang dikembangkan saat ini, baik di Jepang maupun di luar negeri.

Daihatsu akan berkonsultasi dengan Kementerian Perumahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata serta otoritas terkait di masing-masing negara, dan melanjutkan tindakan yang diperlukan.

Perusahaan juga sudah melakukan verifikasi teknis internal, pengujian kendaraan internal, dll. untuk memastikan bahwa mereka memenuhi standar kinerja keselamatan dan kinerja lingkungan yang disyaratkan oleh undang-undang dan peraturan.

Daihatsu mengakui keseriusan dari situasi ini dan mengatakan bahwa mereka akan menerapkan langkah-langkah menyeluruh untuk mencegah terjadinya kejadian serupa di masa depan.

Perusahaan akan meninjau dan merevisi operasi sertifikasi mereka, serta melakukan reformasi menyeluruh pada budaya perusahaan mereka untuk menjadikan kepatuhan sebagai prioritas tertinggi.

Daihatsu mengatakan, bahwa mereka berkomitmen untuk mendapatkan kembali kepercayaan pelanggan dan pemangku kepentingan mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya