Mobil Mungil Legendaris Ini Tak Lagi Dijual di Indonesia

Suzuki New Karimun Wagon R.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA – Ada kabar mengejutkan dari industri otomotif Indonesia, salah satu mobil berukuran mungil yang cukup legendaris harus dihentikan penjualannya di Tanah Air.

Tukang Taichan Syok, Lagi Asyik Ngobrol Tiba-tiba Mobil Ngebut Tabrak Warung dan 7 Motor

Kendaraan yang dimaksud adalah Suzuki Karimun Wagon R, yang masuk ke dalam kategori low cost green car atau LCGC. Keputusan itu dikabarkan langsung oleh Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra.

“Iya betul, Suzuki Karimun Wagon R kami setop penjualannya di Indonesia,” ujarnya saat dihubungi VIVA Otomotif, Sabtu 20 November 2021.

Chery Indonesia Buka Suara soal Omoda 5 Patah As Roda di Malaysia

Meski tidak lagi dipasarkan, namun Donny mengaku bahwa pabrik PT Suzuki Indomobil Motor yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat masih tetap memproduksi kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Suzuki Karimun Wagon R AGS

Photo :
  • VIVA/Herdi Muhardi
Detik-detik Mobil Ngebut Tabrak Warung di Cempaka Putih, 7 Motor Rusak

“Ekspor tetap kami lakukan, detailnya nanti saya kabari lebih lanjut,” tuturnya.

Donny menjelaskan, saat ini Suzuki Karimun Wagon R buatan Indonesia masih diminati oleh banyak negara di Asia, seperti Pakistan.

Terkait alasan menyudahi penjualannya di Tanah Air, Donny mengaku bahwa hal itu untuk memberi ruang pada teknologi elektrifikasi yang akan dikembangkan oleh Suzuki Indonesia.

“Disetop jualannya, karena kami ingin menyambut era elektrifikasi,” ungkapnya.

Dari pantauan VIVA Otomotif di laman resmi Suzuki Indonesia, Karimun Wagon R yang pada tahun lalu hadir dalam edisi spesial masih ditawarkan dengan banderol Rp150,5 juta on the road DKI Jakarta. Sementara, versi standar dibanderol Rp134,5 juta OTR DKI Jakarta.

Suzuki Karimun pertama kali dipasarkan di Tanah Air pada 1999, dan unitnya didatangkan dari luar negeri. Seiring bertambahnya permintaan, model ini kemudian dirakit secara lokal dan saat ini hadir dalam generasi ke-3 yang berwujud LCGC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya