Mobil Baru Asal Jepang Hadir di RI Awal April, Pesaing Honda CR-V

New Mazda CX-5 GT
Sumber :
  • Mazda

VIVA – Mobil SUV atau Sport Utility Vehicle masih menjadi primadona di pasar global. Di Indonesia mobil jenis tersebut juga memiliki pasar yang menjanjikan, sehingga hampir semua produsen bermain di kolam yang sama.

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Salah satunya PT Eurokars Motor Indonesia sebagai pemegang merek Mazda. Ada beberapa model SUV yang mereka tawarkan, salah satunya Mazda CX-5 sebagai pesaing Honda CR-V, atau Toyota Fortuner bermesin bensin.

Mobil yang berstatus impor tersebut dalam waktu dekat akan hadir versi barunya di Tanah Air. Hal itu terungkap melalui undangan resminya yang masuk ke meja redaksi Viva Otomotif, Selasa 29 Maret 2022.

Mobil SUV Chery Omoda 7 Tak Lama Lagi Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasinya

“Melalui surat ini kami mengundang rekan-rekan sekalian untuk berpartisipasi dalam pelunuran The New Mazda CX-5 di Indonesia,” tulis keterangannya.

Mazda CX-5 baru itu akan dirilis secara virtual pada Jumat 1 April 2022. Tidak ada informasi terkait ubahan pada mobil SUV tersebut, padahal PT EMI sebagai produsennya sudah melalukan perubahan pada tahun lalu.

Terpopuler: Penumpang Kendaraan Dicari Netizen, Mobil Baru Harga Rp60 Jutaan

Kemudian memasuki Maret 2021, hadir juga varian baru, yakni CX-5 GT yang secara harga berada di bawah tipe tertinggi. Seri tersebut pertama kali hadir di Indonesia pada 2017, di mana ubahan paling besar dilakukan pada mesin.

Brand mobil asal Jepang tersebut menyematkan cylinder deactivation, sehingga dalam kondisi tertentu hanya dua silinder saja yang berfungsi. Hal tersebut dapat menghemat penggunaan bahan bakar, namun tidak melupakan performanya.

Sebab jantung pacu tersebut mendapatkan peningkatkan tenaga setara 4 daya kuda, dan torsi meningkat 6 newton meter dibandingkan generasi sebelumnya.

Mengutip situs resminya, saat ini Mazda CX-5 ditawarkan tiga varian. Untuk tipe touring dibanderol Rp508,800 juta, GT Rp555,800 juta, dan Elite Rp588,800 juta dengan status on the road Jakarta.

Ketiga varian tersebut menggendong mesin bensin empat silinder DOHC 2.488cc, dengan teknologi valve Skyactiv-G. Tenaga maksimalnya 190 PS di 6.000 rpm, dan torsi 251 Nm di 3.250 rpm yang disalurkan melalui transmisi matik 6-percepatan.

Sistem keselamatan standarnya meliputi pengereman ABS (Anti-lock Braking System), dan EBD (Electronic Brake Distribution), serta brake assist. Lalu dynamic stability control, dan traction control untuk mencegah tergelincir.

Kemudian agar mobil tidak merosot saat melewati jalan menanjak, terdapat hill launch assist, dan masih banyak fitur-fitur lainnya yang bertugas memberikan perlindungan bagi pengguna mobil SUV tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya