UD Trucks Punya Cara Khusus Kurangi Emisi Gas Buang

UD Trucks Quester Euro 5.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

VIVA – Mulai hari ini, standar emisi Euro 4 untuk mesin diesel berlaku di Tanah Air. Banyak dari produsen kendaraan tengah bergerak, menyediakan produk yang semakin ramah lingkungan di 2022.

Indonesia Bidik Prestasi Gemilang di Kompetisi Truk Dunia

Salah satunya UD Trucks, yang baru saja memproduksi truk model terbaru yang sudah memenuhi standar dari pemerintah. Kendaraan besar dengan bak di belakang itu diberi nama Quester Euro 5.

Chief Executive, Winarto Martono mengatakan dalam produk terbaru itu mereka menghadirkan dua teknologi bernama Selective Catalytic Reduction (SCR) dan Exhaust Gas Reciculation (EGR). Kedua teknologi tersebut untuk memenuhi standar emsisi gas buang yang ditetapkan pemerintah.

Truk BBM Canggih UD Trucks Laku Keras

“Dalam mempertimbangkan kepentingan pengusaha truk di Indonesia, maka kami memutuskan menggunakan dua teknologi itu agar dapat beradaptasi dengan berbagai jenis bahan bakar Bio Solar dan tetap menghasilkan emisi gas buang Euro 5, ujarnya di Jakarta Selatan, dikutip VIVA Otomotif Selasa 12 April 2022.

Diketahui, truk terbaru ini masih menggunakan teknologi yang sama dari versi sebelumnya yakni pengabutan injeksi commonrail yang dipadukan teknologi SCR. Mesin itu didukung oleh cairan bernama Ad Blue, yang mampu mereduksi emisi gas buang.

Menuju Euro 4, Gaikindo Dukung Penggunaan Bahan Bakar Lebih Bersih

Teknologi SCR dan Ad Blue dapat mengurangi kandungan NOx pada gas buang yang dihasilkan oleh mesin, sehingga seusai standar Euro 5. Bagi kendaraan pengguna cairan tersebut, apabila diisi satu liter bahan bakar diesel maka dapat digunakan untuk menempuh jarak 75 kilometer.

Cairan Ad Blue.

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

Jika pengusaha truk menjalankan armadanya per bulan bisa sejauh 6.000 km yang membutuhkan BBM diesel sebanyak 2.000 liter, Winato menuturkan bahwa Ad Blue yang dibutuhkan hanya sebanyak 80 liter.

“Untuk harga Ad Blue Rp10 ribu per liter. Apabila dalam waktu kurun sebulan menggunakan cairan tersebut, diperkirakan senilai Rp800 ribu per bulan,” tuturnya.

Sebagai informasi tambahan, Quester Euro 5 hadir di Indonesia dengan berbagai tipe dan varian mulai dari 4x2 R, 4x2 TH, 6x2 R hingga 6x4 R. Perusahaan juga memberikan dukungan total solusi purna jual produk terbarunya melalui berbagai layanan kontrak servis.

“Untuk setiap pembelian pertama Quester Euro 5 kami memberikan gratis kepada pelanggan kami sebanyak 800 liter yang akan dibagi dalam empat tahap pengiriman,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya