Siap Menunggu Bertahun-tahun Jika Ingin Beli Mobil Honda Ini?

Honda Civic Type R baru
Sumber :
  • Honda

VIVA Otomotif – Honda Civic Type R terbaru resmi meluncur di Jepang pada April 2022. Mobil bertenaga buas tersebut mendapatkan perubahan total dibandingkan generasi sebelumnya, yang sudah dijual di Indonesia sejak 2017.

Mobil Baru Honda Paling Mahal di Indonesia Meluncur 9 Hari Lagi

Sebelum dijual, para insinyur Honda telah menguji performa Civic Type R terbaru di Sirkuit Suzuka, Jepang pada Januari 2022. Catatan waktu tercepat mobil penggerak roda depan tersebut dua menit 23,120 detik.

Honda Civic Type R baru

Photo :
  • Honda
Orang Kaya Merapat, Honda Siap Jual Mobil Paling Buas Akhir Tahun

Jantung pacunya masih mengandalkan mesin bensin empat silinder berkapasitas 2.000cc turbo. Namun tenaga yang bisa dimuntahkan dari hatchback sport tersebut mencapai 326 dk, dan torsi 420 Nm, jauh lebih buas.

Tenaga besarnya disalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan ke roda depan. Salah satu faktor Civic Type R baru lebih bertenaga, karena perubahan komponen turbo sehingga mendapatkan dorongan udara lebih baik.

Gak Nyangka, Sejak Diluncurkan Sudah 28 Juta Honda Civic Terjual

Mobil tersebut sebenarnya bisa melesat hingga 240 kilometer per jam, namun karena dijual untuk umum, dan digunakan di jalan raya maka kecepatan maksimalnya dibatasi menjadi 180 km per jam.

Diketahui, versi sebelumnya yang masuk Tanah Air pada beberapa tahun lalu, hanya memiliki tenaga maksimal 296,7 dk di 6.500 rpm, dan torsi 400 Nm di 2.500-4.500 rpm.

Honda Civic Type R terbaru ditawarkan lima pilihan warna, yaitu putih, abu-abu, hitam, merah, dan biru. Melansir Creative311.com, Selasa 9 Agustus 2022, harga mobil sport tersebut 5,5 juta yen, atau setara Rp605 jutaan.

Sedangkan jika mengininkan spoiler, atau sayap belakang berbahan karbon konsumen dikenakan biaya tambahan sekitar 277.970 ribu yen, atau setara Rp30 jutaan.

Masih menurut sumber yang sama, jaringan diler Honda di Jepang sudah mengantongi 500 surat pemesanan kendaraan, alias SPK sejak Civic Type R baru diluncurkan. Warna putih paling banyak dipesan hingga 288 unit.

Mengingat peminatnya yang tinggi, dikhawatirkan inden mobil Honda itu akan bertahun-tahun untuk beberapa negara, karena kapasitas produksi yang terbatas akibat kelangkaan komponen semi konduktor.

Diketahui, generasi sebelumnya yang dijual oleh PT Honda Prospect Motor di Indonesia tembus di angka Rp1 miliaran. Hal yang wajar, karena saat itu berstatus impor secara utuh dari Inggris yang jadi pusat produksinya.

Mengingat negeri matahari terbit sudah memproduksi sedan buntung bertenaga buas tersebut, bisa saja harganya akan lebih terjangkau saat didatangkan ke Indonesia dalam bentuk CBU (Completely Built Up).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya