Mobil Spesial Bakal Lahir dari Pabrik Canggih Kia

VIVA Otomotif: Ilustrasi mobil listrik baru Kia
Sumber :
  • Dok: KIA

VIVA Otomotif – Kia resmi memulai pembangunan pabrik kendaraan multifungsi bertenaga listrik di pabrik Hwaseong, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan.

ASDP Angkut 26 Ribu Orang dan 125 Ribu Kendaraan pada Long Weekend Kenaikan Yesus Kristus

Pabrik ini didedikasikan untuk memproduksi kendaraan multifungsi atau Purpose Built Vehicle (PBV) yang ramah lingkungan, dengan teknologi manufaktur canggih dan inovatif.

Kia akan menginvestasikan sekitar satu triliun won atau setara Rp11,3 triliun untuk membeli lahan seluas 99.000 hektare dan memiliki kapasitas produksi awal sebesar 150 ribu unit per tahun, yang dapat ditingkatkan sesuai permintaan pasar. Produksi massal perdana dijadwalkan akan dilakukan pada paruh kedua 2025.

Kendaraan Banyak Mogok Gara-gara Hujan di Tangerang

Pabrik PBV ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan dari Hyundai Motor Group dan merek pabrik pintar Kia, yaitu ‘E-FOREST Technologies'.

Ilustrasi pabrik mobil Kia.

Photo :
  • Motoroids
Jangan Terkecoh, Kenali Perbedaan Kaca Film Asli dan Palsu

Selain itu, pabrik ini akan menerapkan proses manufaktur inovatif yang disebut sebagai ‘Cell Method’, yang memungkinkan produksi kendaraan berdasarkan permintaan pelanggan yang beragam dengan menciptakan proses manufaktur yang lebih efisien dan fleksibel dengan mengurangi jarak penyaluran bahan material selama proses produksi.

Pabrik PBV ini akan dibangun sebagai pabrik rendah emisi karbon dengan mengoperasikan dry booth, yaitu metode konstruksi yang ramah lingkungan selama proses pengecatan pembuatan kendaraan.

Emisi karbon diklaim akan berkurang sekitar 20 persen dibandingkan pabrik yang sudah ada dengan memanfaatkan cahaya alami dan merampingkan proses manufaktur.

Pabrik PBV ini juga menggunakan teknologi inovatif seperti, otomatisasi fasilitas menggunakan machine learning dan artificial intelligent untuk otomatisasi inspeksi kualitas pengecatan kendaraan, pemasangan suku cadang seperti kaca, nama kendaraan, dan logo perusahaan, serta analisis data kualitas pengukuran untuk memperbaiki dan memasang bodi kendaraan secara otomatis dan real-time.

Kia berencana untuk menampilkan model pertama dalam jajaran kendaraan multifungsi bertenaga listrik pada tahun 2025.

Model ini akan menjadi kendaraan multifungsi bertenaga listrik dengan dimensi sedang dan akan dibangun di atas platform "eS" yang merupakan platform khusus kendaraan listrik yang dikembangkan oleh Hyundai Motor Group.

“Fokus kami adalah untuk meningkatkan daya saing seluruh ekosistem kendaraan listrik, termasuk penelitian dan pengembangan, produksi, infrastruktur, serta memimpin dalam mendorong perubahan dan inovasi di dunia industri otomotif masa depan,” ujar Presiden dan CEO Kia, Ho Sung Song melalui keterangan resmi, dikutip Jumat 14 April 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya