Toyota Siapkan Mobil Listrik dan Hybrid di Ubud untuk Transportasi Umum

VIVA Otomotif: Acara Toyota Mobility Foundation di Bali
Sumber :
  • Dok: TMF

Jakarta– Toyota Mobility Foundation adalah sebuah yayasan nirlaba, yang didirikan oleh pabrikan otomotif Toyota Motor Corporation.

Dokter Dipergoki Suami Selingkuh di Dalam Mobil, Singgung Anak Wakil Bupati

Dengan visi untuk menciptakan mobilitas yang lebih baik dan berkelanjutan, TMF telah berperan penting dalam merancang solusi-solusi inovatif untuk tantangan mobilitas di seluruh dunia.

Salah satu inisiatif terbaru yang menonjol dari TMF adalah Program Sustainable Mobility Advancing Real Transformation atau SMART di Ubud, Bali.

Kendaraan Niaga Berkepala Dua Bukan Sesuatu yang Mustahil

Dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi TMF, Selasa 19 September 2023, program ini merupakan kolaborasi antara TMF, Kerthi Bali Santhi, Pemerintah Provinsi Bali, dan Pemerintah Kabupaten Gianyar.

Melalui SMART @ Ubud, TMF bertujuan untuk menghadirkan solusi mobilitas berkelanjutan yang akan membawa transformasi nyata dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Ubud.

Gak Ada Takutnya, Maling Curi Mobil Dinas Brimob Polda Papua saat Parkir di Bandara Sentani

Program SMART @ Ubud mencakup dua solusi mobilitas utama. Pertama, layanan shuttle xEV yang ramah lingkungan akan beroperasi di Area Ubud Pusat dengan pemberhentian yang strategis, memungkinkan pengunjung dan penduduk untuk bergerak dengan lebih efisien.

Solusi ini mencakup kendaraan Battery Electric Vehicle (BEV) dan Hybrid Electric Vehicle (HEV), yang akan membantu mengurangi emisi gas rumah kaca.

Kedua, penempatan tampilan Dynamic Bus Schedule Displays di halte bus Rute Trans Metro Dewata akan memberikan pengguna transportasi visualisasi waktu realtime dari jadwal bus, meningkatkan kenyamanan dalam perencanaan perjalanan.

Program ini tidak hanya berfokus pada mobilitas tetapi juga pada pembangunan model bisnis yang berkelanjutan. TMF akan berkolaborasi dengan masyarakat setempat untuk mengembangkan rekomendasi konkret untuk model bisnis yang dapat diteruskan setelah uji coba berakhir pada Februari 2024.

TMF berkomitmen untuk mendukung pemerintah Bali dalam menentukan pilihan yang ideal untuk kendaraan elektrifikasi, dengan tujuan bersama untuk dekarbonisasi dan pariwisata yang berkelanjutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya