Mazda Siap Hadirkan Mobil Listrik Pertama untuk Konsumen Tanah Air

VIVA Otomotif: Mazda MX-30 di pameran GIIAS 2023
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Bogor, 9 November 2023 – Seiring dengan upaya Pemerintah untuk mempercepat proses elektrifikasi di Indonesia, pabrikan Mazda mengungkapkan akan segera menghadirkan mobil listrik pertamanya ke pasar Tanah Air. 

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Ricky Thio selaku Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia mengatakan bahwa mobil listrik pertama Mazda, MX-30 akan segera memasuki pasar elektrifikasi di Indonesia. 

"Sebelumnya kita pernah pajang mobil listrik pertama kita, MX-30 di ajang GIIAS 2023, Agustus lalu. Ya, rencana nya kita akan membawa mobil tersebut ke pasar sini (Indonesia) tapi kita lagi atur waktunya," ujarnya, saat ditemui di diler Mazda Pajajaran, Bogor, dikutip VIVA Otomotif

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

VIVA Otomotif: Mazda MX-30 di pameran GIIAS 2023

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Untuk diketahui, penjualan MX-30 di beberapa pasar global sudah tidak dilanjutkan. Mengenai hal ini, Ricky Thio mengungkapkan bahwa setiap negara memiliki kewenanangan masing-masing terkait dengan penjualan kendaraan. 

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

"Ya, sebenarnya setiap negara itu punya wewenang masing-masing (untuk memberhentikan penjualan). Karena pasti disesuaikan juga dengan kondisi jalanan di negara tersebut," jelas Thio. 

"Misal, negara tersebut punya jalan yang lebar dan panjang mungkin akan menilai mobil listrik dengan jarak tempu 250 km itu kurang. Tapi, kalau di negara lain seperti Eropa yang punya jalan lebih padat, kendaraan tersebut masih cocok," lanjutnya. 

Menurutnya, kondisi jalan juga menjadi salah satu pertimbangan untuk menghadirkan suatu kendaraan di setiap negara. 

VIVA Otomotif: Mazda MX-30 BEV

Photo :
  • Dok: Mazda

Berkaitan dengan hal tersebut, Ricky Thio menegaskan bahwa Mazda MX-30 akan tetap dan segera diluncurkan untuk konsumen Tanah Air. Tetapi, ia belum ingin membocorkan apakah kendaraan ini akan hadir berupa versi listrik murni, versi hybrid dengan range extender, atau bahkan keduanya sekaligus. 

"Kami masih fikirin ya. Intinya, setiap negara itu pasti beda-beda. Jadi di tunggu saja," 

Sebagai informasi, Mazda MX-30 pertama kali diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019. Kendaraan ini menggabungkan desain yang elegan dan inovasi terbaru dari Mazda.  

Didesain dengan konsep "Manusia Modern", MX-30 menghadirkan metode ekspresi baru dalam desain Kodo - Soul of Motion. Bagian dalamnya memberikan kesan lapang dan nyaman, dengan penggunaan bahan ramah lingkungan seperti gabus dan kain daur ulang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya