Hyundai Siapkan Proyek Mobil Listrik Baru

VIVA Otomotif: Hyundai Ioniq 5 N
Sumber :
  • Dok: Hyundai

Korea Selatan, 11 Desember 2023 – Hyundai telah membuktikan kemampuannya menciptakan mobil listrik berperforma tinggi dengan Ioniq 5 N, dan perusahaan ini mungkin segera menargetkan untuk memproduksi yang lebih terjangkau.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Penasihat teknis Hyundai, Albert Biermann, mengatakan bahwa pengembangan mobil performa EV kompak merupakan fokus penting bagi merek N.

Biermann, yang sebelumnya merupakan kepala R&D Hyundai dan pernah menjadi kepala divisi M BMW, telah bertanggung jawab atas banyak kontribusi bagi komunitas penggemar otomotif.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Dia mengakui, bahwa standar yang ditetapkan untuk merek N sangat tinggi, tetapi menekankan bahwa memproduksi mobil performa yang terjangkau merupakan hal yang paling penting.

VIVA Otomotif: Hyundai Ioniq 5 N

Photo :
  • Dok: Hyundai
Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

"Mobil N kecil EV adalah sesuatu yang harus kami wujudkan. Kalau tidak, kami meninggalkan pelanggan kami dalam kegelapan. Kami harus datang dengan sesuatu yang lebih kecil dan lebih terjangkau,” ujarnya, dikutip VIVA Otomotif dari laman Carscoops.

Namun, calon konsumen yang berminat dengan gagasan kendaraan semacam itu mungkin harus menunggu beberapa saat. Biermann menuturkan, bahwa bahkan EV kecil pun perlu menawarkan jangkauan yang cukup jauh dan dilengkapi dengan sistem kelistrikan 800 volt untuk memenuhi tuntutan tersebut.

"Jika itu adalah mobil N, Anda ingin pergi ke trek, meski hanya 15 atau 20 menit. Jika menggunakan 400 volt, butuh empat kali pembuangan panas, efisiensinya buruk." tuturnya.

Biermann menjelaskn, bahwa rancang bangun Global Modular Platform yang dipakai di seri Ioniq 5 dan Ioniq 5 kurang sesuai dengan konsep sistem kelistrikan 800 volt. Solusinya, yakni memakai Integrated Modular Architecture (IMA) yang akan tiba pada tahun 2025.

Meskipun tantangan untuk menciptakan EV yang terjangkau sangat signifikan, namun Biermann bertekad untuk mewujudkan ide ini.

"Saya pikir itu akan menjadi proyek yang sangat menarik. Ini akan menunjukkan bahwa kami dapat melakukannya,” jelasnya.

Jika Hyundai berhasil mewujudkan rencana ini, maka akan menjadi alternatif yang menarik bagi pembeli yang mencari mobil performa listrik yang lebih terjangkau daripada Ioniq 5 N.

Mobil tersebut kemungkinan akan menggunakan platform IMA yang baru, yang juga akan digunakan untuk model Hyundai dan Kia lainnya di masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya