Bukan Tesla, Ini Mobil yang Punya Teknologi Canggih Paling Aman

VIVA Otomotif: Lexus LBX
Sumber :
  • Dok: Lexus

Arlington, 14 Maret 2024 – Sebuah studi terbaru dari badan independen yang memantau tingkat keamanan mobil yakni Insurance Institute for Highway Safety atau IIHS, mengejutkan banyak pihak.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Badan tersebut menunjukkan hasil studi bahwa Lexus, bukan Tesla, yang memiliki sistem bantuan pengemudi terbaik.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Carscoops, studi ini menguji 14 sistem berbeda dari berbagai merek ternama, termasuk Lexus, GM, Ford, Genesis, BMW, Mercedes, Nissan, Volvo, dan Tesla.

Neta L Resmi Mengaspal, Ini Spesifikasinya

Pengujian IIHS melampaui tes standar untuk menjaga mobil di jalan raya dan menghindari tabrakan dengan kendaraan yang datang dari arah berlawanan.

VIVA Otomotif: Ilustrasi uji tabrak mobil

Photo :
  • Dok: IIHS
Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Sistem Lexus, yang disebut "Lexus Teammate", menunjukkan performa luar biasa dengan mendapatkan nilai "Baik" dalam semua tes. Kemampuannya dalam menjaga mobil di jalur, menghindari rintangan, dan merespons pengemudi yang tidak responsif terbukti sangat handal.

Sementara itu, sistem Tesla, "Autopilot", memang mendapat nilai "Tinggi" dalam beberapa tes, namun performanya menurun drastis dalam tes lain, terutama dalam mendeteksi pejalan kaki dan pengendara sepeda. Hal ini tentu menjadi catatan penting bagi Tesla untuk meningkatkan sistem bantuan pengemudi mereka.

Menurut IIHS, meskipun Lexus unggul dalam studi ini, semua pembuat mobil masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam hal pengembangan teknologi otonom.

"Sistem bantuan pengemudi terbaik saat ini masih jauh dari sempurna, Meskipun mereka dapat membantu pengemudi, mereka tidak dapat sepenuhnya menggantikan peran pengemudi,” kata Presiden IIHS, David Harkey.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya