Hyundai Kenalkan Platform Baru Untuk Kendaraan Niaga Listrik

Hyundai ST1 EV platform bisnis
Sumber :
  • Electrek

Korea Selatan, 17 Maret 2024 – Pabrikan otomotif asal Korea Selatan, Hyundai memperkenalkan konsep basis platform baru untuk model-model kendaraan niaga mendatang.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Electrek pada Minggu, 17 Maret 2024, platform ini diberikan nama kode ST1 (Service Type 1) dan didesain secara khusus untuk kendaraan niaga berbasis listrik.

Hyundai ST1 EV platform bisnis

Photo :
  • Electrek
Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Peluncuran platform terbaru ini adalah rencana terbaru Hyundai untuk melebarkan pasar ke segmen kendaraan niaga, setelah berhasil menjual 268.785 unit mobil listrik penumpang pada tahun lalu.

"Hyundai akan memulai logistik dan pengiriman tetapi paltform ST1 EV ini dapat diperluas untuk berbagai tujuan di masa depan," ujar seorang pejabat Hyundai.

Ini Alasan Nathan Tjoe-A-On tak Ambil Penalti saat Timnas Indonesia Tekuk Korea Selatan

Untuk diketahui, angka 1 menunjukkan bahwa ini adalah model pertama yang memulai debutnya.

Terlihat, bagian depan kendaraan ini mirip dengan Hyundai Staria. Eksteriornya dirancang untuk keselamatan dan kepraktisan, dengan desain semi-bonnet yang menonjol ke depan dari kabin untuk menambah ruang saat terjadi tabrakan.

Hyundai menambahkan pelindung hitam pada bumper depan, side skirt dan trim pintu belakang, di mana goresan biasanya terjadi.

Dengan ground clearance yang lebih rendah, ST1 memudahkan bongkar muat atau parkir. Hyundai juga memberikan spoiler atap ramping yang menghubungkan kabin dan kargo untuk meningkatkan aerodinamis.

Lebih lanjut, Hyundai mengatakan model pertama akan menjadi model kargo dan kargo berpendingin yang dirancang untuk logistik dan pengiriman.

Bahkan, sudah ada perusahaan distribusi yang tertarik untuk memakai platform kendaraan ini.

Sebagai informasi, Hyundai akan mengungkapkan spesifikasi dan harga ST1 EV pada paruh pertama tahun ini. Sementara untuk penjualan akan dimulai di pasar dalam negerinya, Korea Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya