Lampu Kota Mobil: Kecil Ukurannya tapi Punya Fungsi Sangat Penting

Ilustrasi lampu kota / lampu senja / DRL
Sumber :
  • Dubizzle

Jakarta, 25 Maret 2024 – Di balik bentuknya yang mungil, lampu kota pada kendaraan mulai dari sepeda motor hingga mobil, menyimpan peran penting dalam menjaga keselamatan berkendara.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

Sering disebut juga sebagai lampu senja, lampu kecil, atau lampu DRL (daytime running light), lampu ini memiliki beberapa fungsi vital yang tak boleh diabaikan. Dikutip VIVA Otomotif dari laman Suzuki Indonesia, ada beberapa fungsi penting dari lampu kota:

Penanda Arah Laju Mobil

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Lampu kota depan berwarna putih menunjukkan arah berlawanan, sedangkan lampu belakang berwarna merah menunjukkan arah yang sama. Lampu merah terang menandakan bahwa kendaraan tersebut sedang mengerem. Informasi ini sangat penting untuk menghindari tabrakan, terutama di malam hari atau saat kondisi cuaca buruk.

Sinyal Penanda Posisi Mobil

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Di jalanan yang ramai dengan berbagai lajur, lampu kota membantu pengemudi lain melihat keberadaan mobil Anda. Hal ini sangat penting saat hujan lebat, kabut asap, dan malam hari, di mana jarak pandang terbatas.

Perkiraan Lebar dan Panjang Mobil

Lampu kota membantu pengemudi lain memperkirakan ukuran mobil Anda saat ingin menyalip. Hal ini penting untuk memastikan keamanan saat berpindah lajur.

Menghemat Konsumsi Daya

Lampu kota umumnya menggunakan lampu LED yang hemat daya, sehingga tidak membebani konsumsi bahan bakar mobil.

Penerangan Jalan

Saat malam hari atau di tempat gelap, lampu kota dapat digunakan sebagai sumber penerangan tambahan. Hal ini membantu pengemudi melihat jalan dengan lebih jelas dan meningkatkan keselamatan berkendara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya