Honda Siapkan Fasilitas Produksi Mobil Listrik

Logo Honda
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

Amerika Serikat – Pabrikan asal Jepang, Honda mengungkapkan bakal memulai produksi kendaraan listrik pada akhir tahun 2025 di pasar Amerika Serikat. Adapun rencana ini dimulai dengan pendirian Honda EV Hub di Ohio, sebagai fasilitas produksinya.

Daftar 5 Mobil Listrik Bekas yang Harga Jualnya Tinggi

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Carscoops pada Selasa, 16 April 2024, pembangunan EV Hub di Ohio ini sebagai hasil dari investasi besar yang telah diumumkan pada tahun 2022 lalu. 

Setidaknya, Honda telah berinvestasi sebanyak$700 juta atau setara dengan kurang lebih Rp11 miliar untuk melakukan penyesuaian terhadap Marysville Auto Plant, East Liberty Auto Plant (ELP) dan Anna Engine Plant (AEP).

Nilai 3 Artefak Langka Zaman Majapahit yang Dicuri Capai Rp 46 Miliar

Ilustrasi pabrik perakitan mobil Honda.

Photo :
  • Inautonews

Bob Nelson selaku Wakil Presiden Eksekutif American Honda Motor Co, Inc, mengungkapkan merupakan investasi pada rekanan Honda yang akan mendukung perusahaannya menuju elektrifikasi.

Pameran Otomotif Berubah Jadi Tragedi, 5 Orang Ditabrak Mobil Listrik

"Pendirian EV Hub kami bukan hanya investasi kepada peralatan dan perlengkapan, kami juga berinvestasi pada rekanan Honda, yang akan mengemban tanggung jawab baru untuk menuju elektrifikasi di masa depan," ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa EV Hub di Ohio ini memainkan peran penting dan strategis untuk evolusi produksi mobil listrik di Honda, di Amerika Utara dan global.

Langkah Honda untuk memproduksi mobil listrik di Amerika Serikat memerlukan penyesuaian pada pabrik di Ohio. 

Misal, pabrik Marysville Auto yang biasanya membuat mobil seperti Honda Accord dan Acura TLX, sekarang menggabungkan dua jalur produksi menjadi satu. Jalur kedua telah disesuaikan agar bisa memproduksi mobil dengan mobil konvensional dan mobil listrik di jalur yang sama.

Lebih lanjut, Intelligent Power Unit (IPU) Honda, yang menampung baterai kendaraan listrik juga akan dirakit di pabrik yang sama, sebuah proses yang akan dipimpin oleh Anna Engine Plant.

Honda akan menggunakan 6.000 ton mesin die-cast bertekanan tinggi untuk memproduksi IPU secara internal untuk pertama kalinya.

Selain itu, East Liberty Auto Plant, yang saat ini memproduksi Honda CR-V, Acura RDX, dan MDC, akan memproduksi mobil listrik secara eksklusif pada tahun 2025, terutama berfokus pada komponen mobil listrik yang berat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya