Kia Bakal Luncurkan Mobil Listrik Harga Terjangkau Tahun InI

Kia EV3
Sumber :
  • iNSIDEEVS

Korea Selatan – Pabrikan otomotif asal Korea Selatan, Kia terus menunjukkan komitmen dalam menghadirkan mobil listrik di masa depan. 

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Dalam acara CEO Investor Day, Kia mengungkapkan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan produksi EV3 yang berukuran kecil dan cukup terjangkau, yang akan dijual sebelum akhir tahun ini.

Ho Sung Song selaku CEO dan Presiden Kia mengatakan pihaknya akan terus berusaha menghadirkan mobil listrik dan Hybrid untuk penyedia solusi mobilitas yang berkelanjutan.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

"Komitmen ini tidak berubah meskipun ada kekhawatiran yang berkembang tentang permintaan mobil listrik saat ini," ujar Ho Sung Song, dikutip VIVA Otomotif dari laman Insideevs, pada Selasa, 16 April 2024.

Kia EV3

Photo :
  • iNSIDEEVS
SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Terkait dengan penampilan EV3, Kia belum menunjukkannya lebih lanjut. Namun berdasarkan informasi Spyshot yang baru-baru ini beredar, mobil in akan memiliki bodi lebih ramping.

Kia EV3 akan menggunakan platform E-GMP, yang juga digunakan oleh EV9 dan EV6, namun tidak akan memiliki modular 800 volt yang sama dengan mobil-mobil tersebut. 

EV3 akan menggunakan modular 400 volt yang lebih murah untuk menekan biaya, yang diharapkan dapat membuat EV3 mencapai harga $30.000 atau setara dengan Rp485 juta.

Sebagai informasi, produsen mobil Korea ini masih ingin tumbuh menjadi 4,3 juta unit pada tahun 2030 (naik dari 3,2 juta unit secara global), serta mengharapkan 58 persen dari mobil-mobil yang terjual akan berbasis listrik.

Untuk mewujudkan hal ini, Kia memiliki rencana untuk terus meningkatkan penawaran mobil listrik dan Hybrid agar dapat bersaing di seluruh dunia dengan lebih baik, terutama di China di mana persaingannya sangat ketat.

Untuk diketahui, Kia saat ini sedang mempersiapkan enam model Hybrid sebelum akhir tahun ini, delapan model listrik pada tahun 2026, dan sembilan model lagi pada tahun 2028. Jajaran mobil listriknya akan mencapai 15 model pada tahun 2027.

Baru-baru ini, Kia juga telah memperkenalkan Kia K4 bertenaga Internal Combustion Engine (ICE), sebagai pengganti Sedan Kia Forte.

Kia juga berencana untuk mengungkapkan versi terbaru dari EV6, Sportage, dan K8 yang hanya tersedia di Korea Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya