Mobil Mewah Ini Ternyata ada di Indonesia, Cuma Satu-satunya?

Genesis GV80 di Indonesia
Sumber :
  • Screenshot Instagram

VIVA – Di Indonesia ada banyak mobil mewah yang dipasarkan melalui jalur produsen resminya, atau jalur importir umum. Bahkan ada beberapa mobil yang populasinya di dunia terbatas, namun sudah ada di Indonesia.

Mobil Terlaris di Indonesia Kembali Jadi Sorotan

Bukan hanya itu, beberapa merek mobil yang belum dijual resmi oleh produsennya juga sudah ada di Indonesia. Salah satunya Genesis sebagai brand mewah Hyundai untuk mengincar kalangan ningrat di global.

PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) sebagai produsen sempat memboyong Genesis G80 Electric, tapi jumlahnya terbatas karena awalnya hanya digunakan untuk mobilitas Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali.

Makin Banyak yang Khawatir dengan Mobil China

Sedan listrik yang digunakan dalam acara kenegaraan tersebut menjadi tumpangan para petinggi negara yang hadir, dan dibuat edisi khusus G20, yang disebut Genesis G80 Electric Long Wheel Base.

Jumlahnya hanya ratusan unit, dan sudah dijual setelah digunakan dalam acara kenegaraan tersebut, salah satu pengunanya Menteri BUMN Erick Thohir, dan pelatih Timnas Indonesia U-23, yaitu Shin Tae-Yong.

Usai 3 Kali Turun Harga, Jeep Rubicon Mario Dandy Akhirnya Cuma Laku Segini

Namun selain model tersebut, ternyata ada juga pengguna Genesis seri lain di Indonesia, bahkan diduga hanya satu-satunya. Mengingat cukup jarang importir umum menjual mobil mewah besutan Korea Selatan.

Sebagian besar importir menjual mobil mewah dari daratan Eropa, Amerika Serikat, atau Jepang, yang secara brand sudah dikenal masyarakat luas.

Melalui unggahan Instagram @cars2used, terlihat sebuah SUV lansiran brand mewah Hyundai itu berkeliaran di jalan raya. Mobil tersebut adalah Genesis GV80 berwarna hitam dengan pelat nomor CD 75 01.

Artinya Genesis GV80 itu milik kedutaan besar, di mana kode CD adalah Corps Diplomatic. Sedagkan angka 75 di belakangnya merupakan kode untuk Korea Selatan.

Maka tidak heran jika mobil tersebut digunakan oleh perwakilan negaranya di Indonesia. Melansir situs resmi Genesis, GV80 secara global hadir dalam beberapa varian dengan dua pilihan mesin bensin.

Pertama ada mesin 2.497cc turbo yang dapat menyemburkan tenaga 304 PS di 5.800 rpm, dan torsi 421 Nm di 1.650-4.000 rpm. Kedua ada mesin 3.470cc turbo dengan tenaga 380 PS di 5.800 rpm, dan torsi 529 Nm di 1.300-4.500 rpm.

Semua powertrain itu memiliki sistem penggerak dua roda, dan empat roda, hanya tersedia transmisi matik. Masing-masing trim-nya memiliki ukuran velg, dan ban yang berbeda-beda, mulai dari 19 inci sampai 22 inci.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya