Mengerikan Bocah di Sidoarjo Tewas Terlindas Mobil Tetangganya, Pentingnya Paham Area Blind Spot

Bocah tewas terlindas mobil tetangganya.
Sumber :
  • Tangkapan Layar

Sidoarjo, 27 Mei 2024 – Bocah berusia 2 tahun berinisial YK tewas terlindas mobil Fortuner tetangganya sendiri di Perum Quality Riverside, Desa Gamping, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Sabtu 26 Mei 2024. Video insiden mengerikan ini pun viral di berbagai sosial media, diduga pengendara mobil SUV bongsor tersebut tidak mewaspadai area blind spot.

Komisi Eropa Tetapkan Bea Masuk Baru untuk Mobil Listrik Buatan China

Perihal kejadian itu,  Kanit Gakum Satlantas Polresta Sidoarjo AKP Ony Purnomo menyebut bahwa kecelakaan tersebut masih didalami.  Saat ini sopir Fortuner masih diperiksa intensif. 

"Sudah kami tangani, sementara itu pengemudinya sudah diamankan apa ada unsur kelalaian pemgemudi atau tidak dan yang lebih penting lagi apa ada unsur kelalaian pengawasan dari orang tua terhadap balitanya," ujar Ony dikutip VIVA Otomotif dari tvOnenews, Senin 27 Mei 2024.

Terpopuler: 'Kampung Maling' di Google Maps, Masyarakat Adat Ancam Razia Kos-kosan Tempat LGBT

Sementara itu,  Nurazizah (38), salah seorang warga Perum Quality Riverside menceritakan kronologis kejadiannya. Menurutnya, mobil tersebut melaju dengan kencang, hingga akhirnya melindas bocah tersebut saat akan menikung, ditengarai korban tak terlihat oleh pengendara.

"Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16.55 WIB, Sabtu (25/5). Awalnya korban sedang bermain sendiri di taman kompleks perumahan, Saya tidak mengetahui secara pasti kejadiannya, namun dia (korban) tiba-tiba dari taman lari menyeberangi jalan perumahan tiba tiba muncul sebuah mobil Fortuner, mobil itu melaju cukup kencang," ucapnya.

Pengendara Moge Harley-Davidson yang Halangi Ambulans dengan Gaya Zig-zag Minta Maaf

"Posisi jalan tempat korban menyeberang merupakan tikungan, sehingga diduga kuat sopir Fortuner itu tak bisa melihat jelas di samping itu kendaraan fortiner itu tinggi sedangkan korban masih balita umur sekitar dua tahun tentu sopir tidak bisa melihat, Pada saat lari menyeberang jalan. Fortuner berjalan dengan kecepatan agak cepat , tidak bisa menghindar, korban lalu terlindas," lanjut Nur Azizah.

Belajar dari insiden tersebut, penting bagi pengendara untuk mewaspadai area blind spot atau zona yang tidak masuk ke jangkauan pandang pengemudi. Setiap mobil sendiri memiliki blind spot yang berbeda tergantung jenisnya, yang mana makin besar ukuran mobil, maka semakin luas area titik buta sebuah kendaraan. 

Fitur Blind spot warning di Toyota Yaris Cross

Photo :
  • Arianti Widya

Blind spot kerap tidak sadari pengendara dan dianggap sebagai penyebab kecelakaan karena sopir tidak bisa melihat keberadaan objek di sekitar. Karena itu pengemudi harus lebih waspada bagian di sekeliling kendaraan yang tidak bisa dilihat saat aktivitas mengemudi berlangsung. 

Berikut zona blind sport pada mobil, seperti dikutip VIVA Otomotif:

1. Sisi kanan atau kiri bagian belakang mobil saat di jalan dua jalur, terutama untuk mobil yang memiliki pilar tebal sehingga membuat jarak pandang ke belakang kanan dan kiri semakin terbatas.

2. Seperempat sisi belakang kedaraan saat hendak berbelok. Ketika ada motor di daerah ini menjadi salah satu penyebab paling umum terjadinya benturan.

3. Belakang mobil persis, terutama untuk mobil yang pandangan kaca belakangnya tertutup, seperti tipe mobil box,dump truck, dan lain sebagainya.

4. Pejalan kaki yang muncul saat kondisi macet. Biasanya mereka menyelip di antara kendaraan sehingga tak terlihat oleh pengemudi.

5. Pengemudi motor yang bermanuver dari belakang masuk ke jalur di depan mobil. Hal ini juga kadang luput dari pandangan pengemudi mobil, oleh sebab itu perlu diwaspadai terutama ketika berkendara di jalanan yang macet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya