Punya Gaji Sebesar Ini Baru Bisa Kredit Mobil Listrik BYD Paling Mahal di RI

Mobil listrik BYD Seal
Sumber :
  • Rushlane

Jakarta – Build Your Dream, atau BYD merupakan merek mobil listrik pendatang baru di pasar Indonesia. Jenama asal China itu remi hadir sejak Februari 2024 dengan menawarkan tiga produk dengan harga berbeda-beda.

Terpopuler: Peluncuran Yamaha Nmax Turbo, Banyak yang Khawatir dengan Mobil China

Ketiga mobil listrik tersebut adalah BYD Dolphin, Atto 3, dan kasta tertingginya adalah BYD Seal yang secara spesifikasi lebih tinggi sesuai dengan harga jualnya. Ketiga mobil tersebut masih impor utuh dari China.

Begitupun dengan Seal yang berstatus CBU (Completely Built Up). DItawarkan dua varian, yaitu Premium seharga Rp629 juta, dan Performance dilego Rp719 juta on the road Jakarta. Lalu berapa cicilannya?

Mobil Listrik Pertama Suzuki Siap Meluncur di GIIAS 2024, Ini Bocorannya

Salah satu tenaga penjual diler BYD menyebut, bahwa saat ini ada beberapa lising yang menyediakan paket kredit, yaitu Maybank Finance, BCA Finance, Indomobil Finance, dan Sunindo Kookmin Best Finance.

Semua lembaga pembiayaan itu menawarkan paket yang beragam, mulai dari bunga, uang muka, hingga nilai angsurannya, namun secara tenor atau jangka waktu kredit paling lama hanya 60 bulan, atau 5 tahun.

Serangan Mobil China, BYD, GWM, Chery Siap Rilis Mobil Baru di GIIAS 2024

“Kalau bapak tertarik sama Seal Performance ada TDP (Total Down Payment) Rp254,388 juta untuk tenor 5 tahun, angsurannya Rp11,882 juta selama 59 bulan soalnya cicilan pertama sudah termasuk TDP,” ujar salah satu sales kepada Viva Otomotif, Senin 27 Mei 2024.

Artinya jika mengajukan skema kredit tersebut, konsumen wajib memiliki gaji per bulan sekitar Rp33 juta agar disetujui lising. Selain itu listrik rumah perlu mumpuni, karena membutuhkan daya yang besar untuk pengisian baterainya.

Kedua varian BYD Seal itu dibekali baterai lithium ferrophosphate, atau LFP berkapasitas 82,56 kWh. Meski kapasitas baterainya serupa, namun berdasarkan uji coba NEDC (New European Driving Cycle) jarak tempuh keduanya berbeda.

Untuk tipe Premium karena hanya memiliki sumber penggerak roda belakang, maka daya jelajahnya lebih jauh, yaitu 650 kilometer, berbeda dengan Performance dengan tenaga lebih besar dan berpenggerak roda empat maka lebih boros, sehingga jarak tempuhnya 580 km.

Sementara soal tenaga maksimal dari dinamo listrik tipe Premium hanya 230 kW, atau setara 308 dk, dan torsi puncak 360 Nm dengan mengandalkan penggerak roda belakang. Untuk melesat ke 100 km per jam waktunya 5,9 detik.

Kemudian untuk tipe Performance lebih buas karena memiliki penggerak empat roda yang mampu menyemburkan tenaga maksimal 390 kW atau 523 dk, dan torsi 670 Nm. 

Pembagian tenaga di kedua roda depan tipe paling kencang itu 160 kW dan torsi 310 Nm, sedangkan dinamo atau motor liatrik untuk penggerak roda belakangnya bertenaga 230 kW, atau setara 308 dk dan torsi 390 Nm.

Bermodal tenaga sebuas itu untuk mengajaknya berlari dari diam ke 100 km per jam, hanya butuh waktu 3,8 detik. Setara dengan super car bermesin pembakaran layiknya Lamborghini, atau Ferrari.

Fitur-fitur pendukung lainnya mobil listrik bergaya sport itu dapat melakukan pengisian daya baterai dengan arus searah alias DC berdaya 110-150 kW, dan listrik tidak searah atau AC 7 kW.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya