Bocoran Konsumsi BBM Honda Civic Hybrid Baru yang Siap Meluncur, Irit Banget

Honda Civic Hybrid
Sumber :
  • Honda

Amerika Serikat – Honda menjadi salah satu pabrikan yang konsen untuk menuju ramah lingkungan, sebelum memasuki era elektrifikasi murni, jenama asal Jepang itu berusaha memperbanyak produk hybrid di pasar global.

Spesifikasi Mitsubishi Xpander Hybrid, Kapan Meluncur di Indonesia?

Saat ini mobil-mobil yang menggabungkan mesin pembakaran, dengan motor listrik sebagai sumber penggerak itu diberi nama e:HEV (Hybrid Electric Vehicle), tersedia untuk All New CR-V, Accord, dan terbaru Civic.

Honda Civic Hybrid

Photo :
  • Honda
Bulan Depan Mobil Baru Honda yang Hadir di RI Akan Jadi Sorotan Asia

Honda Civic Hybrid akan debut global di Amerika Serikat, yang merupakan varian baru dari edisi facelift. Selain mendapatkan penyegaran dari eksterior, dan interior, fitur, juga disematkan powertrain baru.

Jika sebelumnya sedan legendaris mereka itu hanya ditawarkan dengan mesin turbo, akan hadir dalam versi hybrid yang meluncur resmi di pasar sekitar Juni-September 2024.

Mobil Hybrid Diyakini Menggantikan Mesin Bensin

“Hadir pada musim panas ini, Civic sedan 2025 membangun warisan performanya dengan memperkenalkan powertrain hybrid 200 dk, dengan muda memadukan tenaga dan gaya elektrifikasi,” tulis keterangan website Honda AS, dikutip, Senin 27 Mei 2024.

Secara desain tidak ada perbedaan mencolok, Honda Civic facelift tersebut bukan sekadar memberikan kosmetik pada bagian eksterior, melainkan powertrain terbaru sehingga sedan itu lebih ramah lingkungan.

Jantung pacunya mirip All New CR-V e;HEV, yaitu mengandalkan mesin bensin berkapasitas 2.000cc yang dikawinkan dengan dua motor listrik sebagai sumber penggerak rodanya.

Berkat perpaduan tersebut, Civic Hybrid bisa menyemburkan tenaga maksimal 200 dk, dan torsi 315 Nm. Selain punya tenaga lebih besar, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) sedan itu menjadi lebih efisien dari versi turbo.

Menurut laporan beberapa media asing, meski secara volume silinder lebih besar namun lebih efisien hingga 50 miles per galon (mpg), atau setara 17,7 km per liter. Tidak ada informasi terkait angka pastinya.

Namun untuk konsumsi BBM All New CR-V Hybrid berdasarkan pengujian internal mereka mencapai 25 km per liter, jauh lebih irit dari versi konvensional 2.000cc, atau 1.500cc turbo di versi sebelumnya.   

Saat ini Civic yang dijual di Amerika, atau Indonesia mengandalkan mesin bensin empat silinder 1.500cc turbo DOHC. Tenaga maksimal yang bisa disemburkan hanya 178 dk di 6.000 rpm, dan torsi puncak 240 Nm di 4.500 rpm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya