7 Penyebab Motor Matik Mendadak Mati dan Solusinya

Motor injeksi mogok didorong.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA –  Ketika ada komponen pada sepeda motor rusak atau tak berfungsi, membuat motor menjadi mati. Maka itu, pentingnya melakukan servis secara rutin, seperti pergantian oli.

Skutik Matik Kuasai Pasar Mokas, Begini Nasib Motor Sport 150cc

Telat mengganti oli, jadi salah satu penyebab motor matik mati mendadak, karena munculnya kerak. Kerusakan yang terjadi pun bisa bertambah ke banyak komponen tanpa disadari.

Masih banyak penyebab lainnya yang juga perlu diperhatikan sehingga mampu mengubah cara menggunakan dan perawatan sepeda motor matic sebagai berikut ini, seperti dilansir dari Suzuki Indonesia.

Daftar Motor Matik Bekas Paling Laku di Pasaran

1. Tutup Tangki Bensin Tersumbat

Penyebab motor matik mati mendadak juga bisa dikarenakan tersumbatnya lubang kecil yang terdapat pada tutup tangki. Cobalah Anda membuka tutup tangki bensin kemudian perhatikan bagian dalamnya.

Enaknya Jadi PNS, Baru Masuk Kerja Setelah Lebaran Dikasih Motor Baru

Anda akan melihat lubang kecil sebesar jarum yang bekerja sebagai ventilator. Lubang ini tidak boleh tersumbat karena akan mempengaruhi sirkulasi udara dalam tangki. Bersihkan lubang ventilasi ini menggunakan jarum atau benda lainnya. Anda juga bisa memanfaatkan kompresor untuk menghilangkan kotoran menyumbat.

Motor Suzuki Nex II warna baru

Photo :
  • Suzuki Indonesia

2. Masuknya Air pada Karburator

Motor matik yang masih memanfaatkan karburator biasanya juga rentan untuk mudah mati mendadak khususnya pada saat musim hujan. Air hujan apalagi jika melewati kawasan banjir, akan mudah masuk ke dalam karburator dari celah tali gas.

Biasanya karet pada tali gas sudah getas sehingga menimbulkan retakan. Air pun akan masuk dan mengalir sampai ke arah karburator. Motor akan langsung mati jika karburator terkena air.

Cara satu-satunya adalah dengan mengeluarkan air di dalamnya. Untuk mengeluarkan air, tutup kran bensin yang mengarah ke karburator. Kendorkan baut pada pembuangan bensin, maka air akan keluar beserta sisa bensin.

3. Tidak Menggunakan Bahan Bakar yang Benar

Kualitas bahan bakar yang buruk bisa menjadi penyebab motor matic mati mendadak. Saat ini tersedia berbagai jenis bahan bakar, hanya saja untuk mesin dapat bekerja dengan baik, Anda perlu menggunakan bahan bakar beroktan tinggi.

Bahan bakar dengan oktan rendah berpotensi untuk menimbulkan kerak karena kandungan timbalnya tinggi. Penyumbatan bisa terjadi pada klep dan karat pada tangki motor turun ke bagian selang bensin.

Busi motor NGK MotoDX

Photo :
  • NGK

4. Sistem Pengapian yang Mati

Motor matik yang mati mendadak sudah pasti ada masalah pada sistem pengapiannya. Tanpa adanya percikan api, maka campuran bahan bakar dan udara dalam ruang bakar tidak akan menghasilkan tenaga.

Ada beberapa sistem pengapian yang perlu diperhatikan yaitu CDI, busi, spul hingga koil. Semua komponen pengapian motor harus di cek satu per satu untuk tahu masalahnya.  

5. Pengaturan Penggunaan Bahan Bakar

Setiap kendaraan bermotor bisa diatur berapa jumlah bahan bakar yang hendak digunakan. Kebanyakan pemilik motor pasti ingin membuat motornya lebih irit dengan mengatur suplai bahan bakar.

Hanya saja dengan suplai bahan bakar yang terlalu dibatasi akan membuat motor cepat panas dan akhirnya mogok di jalan. Motor akan cepat mati ketika Anda melewati jalanan menurun. Hal ini karena gas akan menutup secara total.

Jika ternyata Anda ingin pengaturan irit, sebaiknya saat melewati jalanan menurun sisakan bukaan gas sehingga mesin tetap menyala. Alternatif lainnya tetap mengatur suplai bbm sesuai standar.

6. Mesin Motor Overheat

Overheat sendiri adalah kondisi ketika gesekan pada liner boring dan piston serta sistem pembakaran terlalu tinggi.
Hal tersebut disebabkan sirkulasi oli pada mesin tersumbat, masalahnya ada pada kualitas oli yang buruk dan menimbulkan kerak.

Pelumas yang berkualitas rendah juga tidak mampu meredam panas akibat gesekan mesin dan terjadilah overheat.  Anda yang merasakan panas tinggi pada mesin motor sebaiknya segera menepi dan diamkan sampai benar-benar dingin.

7. Kondisi Klep yang Kotor

Klep memiliki fungsi sebagai pintu yang memisahkan ruang bakar dan udara keluar.  Klep akan bekerja membuka dan menutup sehingga sirkulasi dalam ruang bakar tidak bercampur dengan zat yang membuat pembakaran bermasalah.

Resiko klep rusak sehingga tidak bisa menutup akan terjadi ketika muncul kerak.  Akibatnya adalah terjadi kebocoran pada kompresi dan motor matik akan mati tiba-tiba.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan kerak sehingga klep dapat bekerja membuka dan menutup dengan baik kembali.  Pada saat motor matik Anda mati, sebaiknya jangan panik sehingga tidak mengakibatkan kecelakaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya