Honda Vario 160 Meluncur, Harga Bekas Vario 150 Mengejutkan

Honda Vario 160.
Sumber :
  • Septian Farhan Nurhuda.

VIVA – Honda Vario menjadi salah satu produk andalan PT Astra Honda Motor (AHM), motor matik buatan lokal itu bukan hanya dijual untuk pasar domestik, melainkan di ekspor ke sejumlah negara sejak beberapa tahun lalu.

Viral Motor Matik Diisi Minyak Kayu Putih Campur Bensin, Ini Kata Pakar

Produsen motor Honda di Tanah Air itu melahirkan Vario sebagai matik dengan kapasitas bagasi yang lebih besar dari BeAT. Pertama kali hadir pada 2006 silam, hingga kini Vario sudah melewati sejumlah perubahan.

Honda Vario 160.

Photo :
  • Septian Farhan Nurhuda.
Jangan Takut Tertipu, Simak Tips Jitu Cara Beli Motor Bekas yang Aman

Bahkan demi menjangkau pasar yang lebih luas, saat ini Vario memiliki tiga pilihan mesin. Sebelumnya hanya 125cc, dan 150cc, hari ini pemegang merek motor berlambang sayap mengepak itu merilis All New Vario 160.

President Director AHM Keiichi Yasuda mengatakan, berbagai inovasi desain, teknologi, dan fitur yang dikembangkan menjadikan All New Honda Vario 160 sebagai matik premium dengan performa tinggi, dan desain lebih besar.

Skutik Matik Kuasai Pasar Mokas, Begini Nasib Motor Sport 150cc

“Beragam penyematan fitur dan teknologi canggih yang dilengkapi mesin terbaru 160cc dengan 4 katup eSP+ serta desain premium sporti pada All New Honda Vario 160, kami yakini akan memberikan pengalaman berkendara sehari-hari yang lebih menyenangkan” ujar Yasuda dalam keterangan resminya, Rabu 2 Februrari 2022.

Mesin berpendingin cairan itu serupa dengan PCX 160, tenaganya 15,3 dk di 8.500 rpm, dan torsi 13,8 Nm di 7.000 rpm. Diklaim konsumsi bahan bakarnya 46,9 km per liter, hasil pengujian WMTC (World-wide Motorcycle Test Cycle) Euro3.

Motor matik terbaru Honda itu dibanderol Rp25,8 juta untuk tipe CBS, dan Rp28,5 juta tipe ABS. Lebih mahal dari Vario 150 yang mulai saat ini sudah tidak lagi dijual. Lantas gimana dengan harga bekasnya?

Ahmad Hudori pemilik showroom Dori Motor mengatakan, motor matik Honda termasuk produk yang dalam kondisi bekasnya memiliki harga cukup stabil, karena diminati. Begitu juga dengan Vario 125, atau 150.

“Kalau Vario masih ramai banyak peminatnya, harga bekasnya mulai awal bulan ini agak naik dibandingkan tahun lalu. Untuk Vario 150 Techno 2017 masih Rp13,5 juta, beda Rp1 juta dari varian 125,” ujarnya kepada Viva Otomotif, Rabu 2 Februari 2022.

Honda New Vario 2018.

Photo :
  • ANTARA Foto/Sigid Kurniawan

Menanggapi terkait hadirnya Vario 160, pedagang motor bekas itu belum bisa memprediksi. Sebab salah satu faktor yang menentukan banderol motor bekas tetap stabil adalah seberapa laris motor tersebut dalam kondisi baru.

“Di awal sekalinya ada bekasnya (Vario 160) pasti belum jelas. Mungkin kalau sudah tahu kelebihannya selama digunakan 6-7 bulan baru terlihat,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya