Alasan Dorna Lebih Pilih Sirkuit Sepang dari Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika, NTB.
Sumber :

VIVA Otomotif – Tidak seperti musim 2022, Sirkuit Mandalika yang digunakan untuk tes pra musim pada musim 2023 nanti Mandalika tidak menjadi sirkuit yang menggelar tes pra musim.

Kerja Sama Pertamina Lubricants dengan VR46 di Luar MotoGP

Sebab, musim 2023 ini tes pra musim MotoGP, akan digelar di Sirkuit Sepang dan Sirkuit Portimao. Pertimbangan menggelar tes pramusim di Mandalika pada tahun 2022 bukan tanpa alasan.

Selain demi mendapatkan homologasi, itu menjadi momen pengenalan trek bagi para pembalap, mengingat MotoGP akan pertama kali melangsungkan perlombaan di sana.

Francesco Bagnaia hingga Marc Marquez Siap Saling Jegal di Seri Pembuka MotoGP Qatar

“Sehabis menggelar WSBK pada November 2021 lalu, Dorna dan FIM meninggalkan berbagai catatan. Salah satunya saran yang sebaiknya dikerjakan dan ada juga keharusan yang MGPA kerjakan,” ujar Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria dikutip VIVA Senin 15 Agustus 2022.

Pembalap Team Suzuki Ecstar, Alex Rins di MotoGP Mandalika.

Photo :
  • Dok: Suzuki-Racing
Francesco Bagnaia Tambah Kontrak di Ducati, Nilai Gajinya Bocor ke Publik

Priandhi Satria menambahkan, dasarnya dari situ, kemudian pihaknya diskusi dengan Dorna. Karena sirkuitnya baru, jadi belum pernah dapat homologasi A MotoGP  pada Maret 2022 lalu, kemudian Dorna menyarankan, bikin saja latihan pre-season untuk dicoba pembalap yang nanti bakal turun.

Lalu Dorna Sports mengeluarkan catatan-catatan yang nantinya perlu dikerjakan oleh MGPA. Apabila semuanya telah dilakukan, secara otomatis akan mendapatkan homologasi A.      

Priandhi menjelaskan bila Dorna dan MGPA sama-sama memiliki kepentingan. Selain itu, ada keuntungan yang didapatkan dari penyelenggaraan tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika.   

“Dorna-nya punya kepentingan, kami juga punya kepentingan karena sirkuitnya sama sekali belum pernah dipakai untuk MotoGP. Ya sudah kami bikin pre-season supaya lebih mudah, lebih cepat. Tentu dengan persetujuan FIM," bebernya.

Lantas, mengapa Sirkuit Mandalika tidak menjadi tuan rumah tes pramusim MotoGP pada 2023. Priandhi Satria menjelaskan bahwa, MGPA belum mengajukan diri secara resmi.

“Kami tidak merasa punya kepentingan harus mengadakan preseason di Mandalika, panjang sirkuitnya tetap, jumlah tikungan tetap, pembalapnya pun sebagian besar sudah merasakan lintasannya,” tutur Priandhi.

Hingga saat ini MGPA belum mengajukan secara resmi kepada Dorna atau FIM untuk pre-season dilaksanakan di Mandalika tahun depan.    

Pekan lalu, Dorna mengumumkan tanggal tes pramusim MotoGP 2023. Sirkuit Algarve di Portimao, Portugal bakal menjadi tuan rumah preseason pada 11-12 Maret. Balapan pembuka juga rencananya digelar di trek yang sama pada 26 Maret 2023.

Sementara Sirkuit Sepang akan dapat giliran pertama dari 10-12 Februari. Trek di Malaysia itu lebih dulu dijadwalkan menggelar Shakedown Test pada 5-7 Februari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya