Alasan Dorna Lebih Pilih Sirkuit Sepang dari Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika, NTB.
Sirkuit Mandalika, NTB.
Sumber :

VIVA Otomotif – Tidak seperti musim 2022, Sirkuit Mandalika yang digunakan untuk tes pra musim pada musim 2023 nanti Mandalika tidak menjadi sirkuit yang menggelar tes pra musim.

Sebab, musim 2023 ini tes pra musim MotoGP, akan digelar di Sirkuit Sepang dan Sirkuit Portimao. Pertimbangan menggelar tes pramusim di Mandalika pada tahun 2022 bukan tanpa alasan.

Selain demi mendapatkan homologasi, itu menjadi momen pengenalan trek bagi para pembalap, mengingat MotoGP akan pertama kali melangsungkan perlombaan di sana.

“Sehabis menggelar WSBK pada November 2021 lalu, Dorna dan FIM meninggalkan berbagai catatan. Salah satunya saran yang sebaiknya dikerjakan dan ada juga keharusan yang MGPA kerjakan,” ujar Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria dikutip VIVA Senin 15 Agustus 2022.

Pembalap Team Suzuki Ecstar, Alex Rins di MotoGP Mandalika.

Pembalap Team Suzuki Ecstar, Alex Rins di MotoGP Mandalika.

Photo :
  • Dok: Suzuki-Racing

Priandhi Satria menambahkan, dasarnya dari situ, kemudian pihaknya diskusi dengan Dorna. Karena sirkuitnya baru, jadi belum pernah dapat homologasi A MotoGP  pada Maret 2022 lalu, kemudian Dorna menyarankan, bikin saja latihan pre-season untuk dicoba pembalap yang nanti bakal turun.

Lalu Dorna Sports mengeluarkan catatan-catatan yang nantinya perlu dikerjakan oleh MGPA. Apabila semuanya telah dilakukan, secara otomatis akan mendapatkan homologasi A.