Siap Meluncur, Ini Wujud Yamaha XMAX Baru saat Uji Coba di Jalan

Yamaha XMAX baru uji coba di jalan raya
Sumber :
  • Rideapart

VIVA Otomotif – Yamaha XMAX merupakan salah satu matik buatan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Indonesia, yang diproduksi di pabrik Pulogadung, Jakarta Timur.

Skutik Matik Kuasai Pasar Mokas, Begini Nasib Motor Sport 150cc

Motor yang masuk keluarga maxi tersebut menjadi salah satu tulang punggung penjualan Yamaha di Tanah Air. Selain dipasarkan di dalam negeri, XMAX juga di ekspor ke beberapa negara, salah satunya Eropa.

Sejak pertama kali hadir pada 2017, hingga kini motor pesaing Honda Forza tersebut hanya diberikan beberapa kali penyegaran kosmetik, artinya belum pernah mendapatkan perubahan total seperti All New NMAX.

Daftar Motor Matik Bekas Paling Laku di Pasaran

Yamaha XMAX baru uji coba di jalan raya

Photo :
  • Rideapart

Mengingat umurnya sudah sekitar lima tahun beredar di pasar global, tidak heran jika Yamaha sedang mempersiapkan model terbarunya. Informasi tersebut dipertegas saat wujudnya kepergok kamera uji coba di jalan.

Enaknya Jadi PNS, Baru Masuk Kerja Setelah Lebaran Dikasih Motor Baru

Berdasarkan foto-foto yang diwartakan Rideapart, dikutip Rabu 14 September 2022, Yamaha XMAX baru dengan balutan stiker kamuflase berwarna hitam tertangkap kamera sedang uji coba di salah satu jalanan Eropa.

Jika melihat bentuknya ada beberapa perubahan pada bagian bodi, meliputi windscreen yang dibuat lebih minimalis dengan aksen silver, serta menyatu dengan lampu sein tambahan pada mika depan tersebut.

Selain itu, lampu utamanya tetap terbagi menjadi dua namun lekukan garisnya lebih tajam, seakan-akan seperti huruf X. Desain dashboard juga berbeda dibandingkan versi sebelumnya, pun dengan pijakan kaki pengendara.

Bodi samping dibuat lebih pipih mengikuti perubahan lampu pengereman yang sekilas mirip NMAX terbaru. Kemudian jok sepertinya tidak terlalu lebar, sehingga akan memberikan kenyamanan lebih untuk penggunanya.

Diketahui pada generasi sebelumnya jok XMAX, terutama pada bagian penumpang dimensinya sangat lebar namun untuk model terbarunya ini dibuat agak ramping. Tetap mempertahankan behel belakang model terpisah.

Bentuk serang juga diubah, terlihat berbeda dari sebelumnya. Sayangnya tidak ada foto yang memperlihatkan panel instrument, atau odometernya.

Pada sektor kaki-kaki, knalpot dengan dimensi lebar tetap dipertahankan, serta suspensi belakang tanpa tabung, sedangkan suspensi depan masih teleskopik.

Pengereman depan, dan belakang cakram, sekilas bentuk pelek palang yang bercabang itu agak berbeda dari edisi saat ini yang masih dipasarkan.

Diketahui, meski dibuat lokal namun untuk pasar Eropa Yamaha XMAX dibekali mesin lebih besar, yaitu berkapasitass 300cc dengan standar Euro 4, sedangkan untuk pasar domestik hanya 250cc.

Masih menurut sumber yang sama, enjin motor matik untuk benua biru juga mendapatkan perubahan terutama pada gas buangnya, karena mengikuti aturan emisi pemerintah setempat yang sudah Euro 5.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya