Polri Dukung Upaya Konversi Motor Listrik di Indonesia

VIVA Otomotif: Motor listrik hasil konversi
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Jakarta, 30 Juli 2023 – Kepolisian Republik Indonesia memberikan dukungan penuh terhadap upaya konversi sepeda motor, dari bahan bakar fosil menjadi listrik.

Anak Buah Luhut Sebut Lebih Cocok Mobil Listrik, Hidrogen Buat Bus dan Truk

Dalam acara Pembukaan Gelar Konversi Sepeda Motor Listrik yang diadakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral di Jakarta pada Jumat kemarin, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyatakan komitmennya untuk mendukung program ini.

Program konversi sepeda motor dari bahan bakar minyak menjadi listrik, merupakan langkah nyata dalam mendukung upaya mencapai target Net Zero Emission Indonesia pada tahun 2060 atau bahkan lebih cepat.

Terkuak Penyebab Fortuner Pelat Polisi yang Kecelakaan di MBZ Berubah Pelat Nomornya

Dengan melibatkan berbagai pihak, seperti Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Perhubungan, dan Kepolisian Republik Indonesia, kerja sama lintas sektor ini menjadi modal utama dalam mencapai hasil yang optimal.

Kapolri memberikan apresiasi kepada Kementerian ESDM atas langkah konkrit ini, karena telah berhasil meluncurkan program konversi perdana dari kendaraan berbahan bakar fosil menjadi kendaraan berbahan bakar listrik.

Baru Tahu Pengguna Mobil yang Cipratkan Air ke Orang Bisa Kena Denda

"Tentu, kita semua wajib mengawal proses ini agar semuanya dapat berjalan dengan baik. Sekali lagi, selamat dan terima kasih," ujarnya, dikutip VIVA Otomotif dari laman NTMC Polri.

Menteri ESDM Arifin Tasrif bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan pembukaan progam konversi motor listrik perdana.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya.

Menurut Menteri ESDM, Arifin Tasrif, program konversi sepeda motor menjadi listrik adalah langkah yang penting mengingat jumlah populasi sepeda motor di Indonesia yang sangat besar, mencapai 120 juta unit di seluruh wilayah.

Dalam hal ini, Polri memiliki peran krusial untuk membantu mengawal proses transisi ini, termasuk memberikan dukungan dari segi administrasi dan keamanan.

Dukungan ini akan memastikan bahwa program ini dapat berjalan lancar dan sukses, sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo untuk mencapai NZE di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya