Banyak Kasus Rangka eSAF Patah, AHM Ngaku Bakal Proaktif

VIVA Otomotif: Rangka eSAF motor Honda
Sumber :
  • Dok: AHM

Cikarang – PT Astra Honda Motor (AHM) menanggapi terkait adanya keluhan konsumen dimana kendaraan mereka mengalami karatan dan rangka patah. Kejadian ini bahkan viral di media sosial dan menyayangkan keputusan AHM untuk menggunakan rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) di kendaraan mereka. 

Honda PCX160 Karya Juara HMC Bisa Jadi Inspirasi Modifikasi Generasi Masa Kini

Ahmad Muhibbudin selaku General Manager Corporate Communication AHM mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan investigasi terkait kasus rangka patah di motor Honda dan akan berusaha proaktif menanggapi kasus ini. 

"Jadi investigasi sudah dan sedang kami lakukan, kami berusaha proaktif mendata, memverifikasi, mencari pemilik sepeda motor yang menyampaikan permasalahannya melalui media sosial," ujar Muhibbudin, di AHM Safety Driving and Training Center, Cikarang, Jawa Barat, dikutip VIVA Otomotif Kamis 24 Agustus 2023. 

Siap-siap Kaget Lihat Diskon Motor Honda Bulan Ini

Perwakilan AHM, Ahmad Muhibbudin dan Subhan

Photo :
  • Arianti Widya

Menurutnya, AHM sangat berusaha untuk mendapatkan informasi detail dari kasus konsumen sepeda motor Honda belakangan ini. 

Daftar Harga Motor Bebek Honda Terbaru per Mei 2024, Termurah Rp 16 Jutaan

"Kami ingin proaktif dan ingin mengetahui secara bersama apa yang menjadi penyebab masalah yang disampaikan oleh publik belakangan ini," tuturnya. 

Muhibbudin mengungkapkan bagi para konsumen yang mengalami masalah pada rangka kendaraan mereka, untuk tidak ragu datang ke bengkel resmi terdekat atau menghubungi call center Honda. 

"Demi kenyamanan, kami sarankan konsumen datang ke bengkel resmi terdekat untuk kami lihat dengan dekat seperti apa kondisi motor mereka," jelas Muhibbudin. 

Sillicate rangka eSAF

Photo :
  • Arianti Widya

Untuk diketahui, permasalahan tentang keluhan konsumen terkait rangka kendaraan yang patah atau karatan ini sangat ramai dibicarakan oleh netizen. 

Rangka yang dimaksud diberi nama enhanced Smart Architecture Frame atau biasa disingkat eSAF, dan pertama kali diterapkan pada produk Honda Genio yang mengaspal perdana di 2019. Tidak hanya di Honda Genio, Honda BeAT, Scoopy dan Vario 160 juga menggunakan rangka ini. 

Sebelumnya, AHM sudah menanggapi terkait adanya bercak kuning seperti karat pada rangka kendaraan. Pihaknya mengungkapkan bahwa itu bukan karat, melainkan Sillikat yang dikatakan tidak berbahaya dan tidak menyebabkan keropos melainkan melindungi rangka dari karat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya