Pertamina Enduro Siap Berkompetisi di MotoGP, Ini Profil Tim Balapnya

Kerja sama Pertamina Lubricants dan VR46 MotoGP Team
Sumber :
  • MotoGP

Jakarta, 29 Desember 2023 – Pada Oktober tahun ini, Pertamina Lubricants mengumumkan kerja sama dengan VR46 MotoGP Team sebagai sponsor utama tim selama tiga musim. Kerja sama ini akan dimulai pada tanggal 1 Januari 2024, dan tim akan berganti nama menjadi Pertamina Enduro VR46 Racing Team.

Siap Tinggalkan Ducati, Pramac Racing Mulai Negosiasi dengan Yamaha

Kerja sama ini merupakan langkah strategis bagi kedua belah pihak. Bagi VR46 MotoGP Team, Kolaborasi ini akan memberikan dukungan finansial yang lebih besar, serta akses ke teknologi dan pengalaman dari Pertamina Lubricants.

Sementara untuk Pertamina Lubricants, kerja sama ini akan menjadi sarana untuk mempromosikan produk-produknya di seluruh dunia, serta untuk meningkatkan brand awareness di kalangan penggemar MotoGP.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Mulai musim MotoGP 2024, logo Pertamina Enduro akan ditampilkan pada motor Ducati Desmosedici GP yang dikendarai oleh Marco Bezzecchi dan Luca Marini dan pada baju balap, helm, technical space, serta dalam semua visual, aset merek, dan material komunikasi dari VR46 Racing Team.

Kerja sama Pertamina Lubricants dan VR46 MotoGP Team

Photo :
  • MotoGP
Jadwal Lengkap Sprint Race dan Balapan MotoGP Spanyol 2024, Akhir Pekan Ini

“Kerja sama antara Pertamina Lubricants dan VR46 Racing Team adalah langkah strategis untuk memperluas visi kami menjadi juara di industri pelumas. Ini merupakan bukti bahwa VR46 Racing Team dan Valentino Rossi menaruh kepercayaan yang tinggi pada kualitas internasional Pertamina Enduro,” ujar Direktur Utama Pertamina Lubricants, Werry Prayogi, dikutip VIVA Otomotif dari laman MotoGP.

VR46 MotoGP Team, Berawal dari Akademi Binaan Valentino Rossi

Valentino Rossi adalah salah satu legenda balap motor dunia. Ia telah mengoleksi sembilan gelar juara dunia di kelas MotoGP, menjadikannya pembalap dengan gelar juara dunia terbanyak di kelas tersebut.

Valentino Rossi bersama skuad tim balap Mooney VR46 untuk MotoGP 2023

Photo :
  • MotoGP

Selain itu, Rossi juga dikenal sebagai sosok yang sangat peduli dengan pengembangan bakat pembalap muda Italia. Pada tahun 2013, pria yang punya julukan The Doctor tu mendirikan akademi balap yang diberi nama VR46 Academy.

Akademi ini bertujuan untuk membina dan mengembangkan bakat pembalap muda Italia agar dapat bersaing di level tertinggi, yaitu MotoGP. Mereka telah menghasilkan beberapa pembalap muda berbakat, termasuk Francesco Bagnaia, Marco Bezzecchi, dan Luca Marini.

Pada tahun 2014, VR46 Academy memutuskan untuk turun ke ajang Moto3. Tim ini menggunakan sepeda motor KTM, dan pembalapnya adalah Romano Fenati dan Andrea Migno. Fenati berhasil meraih podium pertama untuk tim tersebut di GP Qatar.

Pada tahun 2017, VR46 Academy naik ke kelas Moto2. Tim ini menggunakan sasis Kalex, dan pembalapnya adalah Luca Marini dan Franco Morbidelli. Morbidelli berhasil meraih podium pertama untuk tim tersebut di GP Aragon.

Pada tahun 2022, VR46 Academy akhirnya naik ke kelas MotoGP. Tim ini menggunakan sepeda motor Ducati, dan pembalapnya adalah Luca Marini dan Marco Bezzecchi. Bezzecchi berhasil meraih podium pertama untuk tim tersebut di GP Argentina.

Pembalap Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi

Photo :
  • AP Photo/Jeremias Gonzalez

VR46 MotoGP Team telah menunjukkan perkembangan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Tim ini telah meraih beberapa kemenangan dan podium di kelas Moto3 dan Moto2, dan mereka juga telah berhasil meraih podium di kelas MotoGP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya