Desain Vespa Banyak Ditiru, Ini Tanggapan Piaggio

Vespa
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta – Vespa, skuter legendaris asal Italia memiliki desain ikonik dan elegan yang telah menjadi ciri khas perusahaan sejak tahun 1946.

Profil Timnas Ukraina di Piala Eropa 2024: Kembali ke Panggung Eropa dengan Skuad Muda Berbakat

Skuter ini memiliki perpaduan gaya modern dan klasik, yang membuat banyak orang terpesona dengan desain ini.

Bahkan terlihat saat ini banyak motor listrik yang beredar di Indonesia menggunakan desain retro ala-ala Vespa, dengan harga sekitar Rp10 Jutaan.

Pengakuan Konsumen Honda yang Takut Naik Motor Biasa

Menanggapi hal ini, PT Piaggio Indonesia mengaku tak ambil pusing dengan hal tersebut dan menganggap banyak yang menjadikan Vespa sebagai inspirasi dari motor listrik tersebut.

Vespa

Photo :
  • Arianti Widya
BMW Perkenalkan Motor Konsep R20, Si Klasik Bermesin Boxer 2 Liter

Ayu Hapsari selaku PR & Communications Manager PT Piaggio Indonesia mengungkapkan bahwa masyarakat yang menyukai Vespa pasti sudah mengetahui apa yang mereka inginkan.

"Saya rasa orang-orang yang suka Vespa, pasti tahu kok mana yang berusaha mengikuti mana yang enggak. Kalau punya kemampuan untuk beli Vespa, pasti akan memilih Vespa," ujarnya dikutip VIVA Otomotif di Jakarta.

Menurut Ayu, kualitas dari produk yang mirip-mirip Vespa ini sangat berbeda dengan skuter asal Italia ini.

"Terlihat dari jauh mungkin sama, tapi kalau dari dekat itu benar-benar berbeda kok. Kalau terlihat mirip, ya berarti kita kan memang inspiring," jelasnya.

Menyoal hak paten desain vespa, Ayu belum bisa mengungkapkan secara detail karena itu berkaitan dengan Headquarter Vespa.

Untuk diketahui, pada tahun lalu, produsen sepeda motor Vespa berhasil memenangkan gugatan merek dagang terhadap produsen sepeda motor China, Zhejiang Qianjiang Motorcycle.

Gugatan tersebut diajukan karena pabrikan asal Negeri Tirai Bambu tersebut dianggap telah menjiplak desain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya