Masuk Mobil Langsung Nyalakan AC Bisa Memicu Kanker, Ini Kata Pakar

Ilustrasi menyalakan AC mobil.
Sumber :
  • Driving.ca

VIVA – Saat mobil parkir di bawah terik matahari, kaca film tak mampu menghindari kabin dari udara panas dan pengap. Otomatis, pemilik kendaraan menghidupkan penyejuk kabin segera setelah mesin menyala.

Terpopuler Otomotif: Mobil Hitam Ditabrak Berkali-kali, Honda HR-V Kena Recall Lagi

Namun, beredar informasi bahwa hal itu sebaiknya tidak dilakukan. Sebab, embusan angin dari penyejuk udara disebut-sebut mengandung hasil reaksi kimia antara panas dengan material kabin. Jika dihirup, maka berpotensi menyebabkan kanker.

Material yang dimaksud adalah bahan pelapis jok, pengharum mobil, bahan plastik dari dasbor dan lain-lain. Jika bercampur dengan udara panas, akan menghasilkan zat baru yang kandungan kimianya disebut berbahaya.

3 Kesalahan Menyalakan AC Mobil yang Bisa Merusak

Dilansir dari laman resmi PT Suzuki Indomobil Sales, dipastikan informasi tersebut tidak benar, karena sampai saat ini belum ada penelitian resmi soal hal tersebut. Hal senada juga disampaikan Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi.

“Enggak benar pendingin udara langsung dinyalakan dapat menyebabkan kanker. Belum ada studinya ada reaksi kimia,” ujarnya melalui pesan singkat kepada VIVA, Kamis 27 Desember 2018.

4 Cara Cepat Turunkan Suhu AC Mobil di Cuaca Panas

Meski demikian, penumpang tetap disarankan untuk membuka kaca jendela saat masuk ke dalam kabin yang panas. Sebab, adanya pertukaran udara bisa membuat proses pendinginan kabin menjadi lebih cepat. (yns)

AC mobil (Ilustrasi).

Satu Keluarga Keracunan AC Mobil hingga Tewaskan 1 Orang, Ini Tips Mencegahnya

 Keracunan udara akibat Air Conditioner (AC) mobil kembali terjadi, bahkan menelan korban jiwa satu orang. Ada beberapa cara untuk menghindari keracunan gas ac mobil itu.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024