Cara Mudah Biar Pengendara Motor Tidak Kena Tilang Uji Emisi

VIVA Otomotif: Uji emisi motor
Sumber :
  • Dok: Wahana

Jakarta – Pemerintah DKI Jakarta dan beberapa wilayah lain mulai memberlakukan tilang uji emisi, di mana kendaraan yang asap knalpotnya melebihi ambang batas bakal dikenakan sanksi. Ini berlaku juga untuk sepeda motor.

Penyebab Kapasitas Mesin Motor MotoGP Turun Jadi 850 cc dan Bensin Dikurangi

Namun, dengan langkah-langkah yang tepat, kita dapat membantu mengurangi emisi sepeda motor dan pada gilirannya, membantu mengatasi masalah polusi udara. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

1. Servis Berkala

Bea Cukai Jayapura Sita Amunisi di Perbatasan Indonesia-PNG

"Rutin melakukan servis memiliki banyak keuntungan mulai dari kondisi motor tetap prima dan juga ikut menekan polusi udara," kata Head of Technical Service Department PT Wahana Makmur Sejati, Benedictus F Maharanto melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Jumat 1 September 2023.

VIVA Otomotif: Uji emisi motor

Photo :
  • Dok: Wahana
Terungkap, Ini Alasan Motor MotoGP Tak Pakai Starter untuk Menyalakan Mesin

Dalam servis berkala, pastikan untuk memeriksa sistem pembakaran, saringan udara, busi, dan komponen mesin lainnya. Motor yang terawat dengan baik cenderung menghasilkan emisi yang lebih rendah.

2. Periksa Sistem Pembakaran

"Asap putih atau hitam dari knalpot bisa menjadi indikasi masalah teknis dalam mesin motor," kata Tim Senior Training Analyst Wahana yang berkantor di Jatake Tangerang, Wahyu Budhi.

Asap putih pada motor empat tak bisa menunjukkan masalah seperti berkurangnya kompresi silinder atau dinding mesin, kebocoran katup hingga pembengkokan katup klep. Sementara asap hitam bisa disebabkan oleh karbon di ruang bakar, kebocoran katup masuk, atau komponen karburator yang aus.

3. Ganti Oli Secara Teratur

"Oli yang berkualitas dan tetap dalam kondisi baik membantu mengurangi gesekan dalam mesin dan menghasilkan emisi yang lebih bersih," tutur Wahyu.

4. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Kualitas bahan bakar juga mempengaruhi emisi. Wahyu menyarankan untuk menggunakan bahan bakar yang berkualitas dan sesuai dengan rekomendasi produsen motor.

5. Berkendara dengan Lebih Bijak

Kendaraan yang dioperasikan dengan bijak dan mengikuti aturan lalu lintas dapat membantu mengurangi emisi karena menghindari pengereman dan percepatan yang berlebihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya