Tips Ganti Ban Mobil Lebih Lebar Biar Enggak Boros Bensin

VIVA Otomotif: Ilustrasi ban mobil
Sumber :
  • Dok: HMID

Jakarta – Modifikasi kendaraan pribadi, seperti mengganti ban dengan yang lebih lebar, telah menjadi tren yang semakin populer di kalangan pemilik mobil.

Konsumen Tes Konsumsi BBM Wuling Alvez, Segini Hasilnya 

Penggantian ban ini bukan hanya untuk meningkatkan penampilan visual kendaraan, tetapi juga untuk mendapatkan manfaat performa tertentu.

Namun, sebelum memutuskan untuk mengganti ban mobil dengan yang lebih lebar, ada beberapa tips dan pertimbangan yang perlu Anda ketahui. Berikut daftarnya, dikutip VIVA Otomotif dari laman Hyundai Indonesia, Minggu 10 September 2023:

Astra International Cetak Laba Bersih Rp 7,46 Triliun di Kuartal I-2024

1. Ketahui Ukuran yang Tepat
Penting untuk mengetahui ukuran ban yang tepat untuk mobil. Membeli ban yang terlalu lebar dapat mengakibatkan masalah seperti gesekan yang berlebihan dan penurunan efisiensi bahan bakar.

Ukuran yang direkomendasikan biasanya dapat ditemukan dalam manual kendaraan atau di dalam pintu bagian dalam sisi pengemudi.

Ban Hankook untuk Mobil Listrik Diuji Ekstrem, Ini Hasilnya

2. Pertimbangkan Pelek
Ketika memutuskan untuk mengganti ban dengan yang lebih lebar, pastikan juga mempertimbangkan pelek yang sesuai.

VIVA Otomotif: Pelek baru HSR Wheel bergaya JDM

Photo :
  • Dok: HSR Wheel

Pelek yang lebih lebar diperlukan untuk mengakomodasi ban yang lebih lebar. Pastikan bahwa pelek yang Anda pilih memiliki spesifikasi yang sesuai dengan ukuran ban baru.

3. Perhatikan Penggunaan Sehari-hari
Ingatlah bahwa mengganti ban dengan yang lebih lebar bisa berdampak pada performa kendaraan dalam kondisi sehari-hari.

Ban yang lebih lebar dapat menghasilkan daya cengkeram yang lebih baik, tetapi juga dapat meningkatkan resistensi gulir. Ini mungkin mengurangi efisiensi bahan bakar, terutama dalam situasi berhenti dan berjalan.

4. Pertimbangkan Tekanan Udara
Mengatur tekanan udara yang tepat dalam ban sangat penting. Pada umumnya, ban lebih lebar memerlukan sedikit lebih banyak tekanan udara daripada ban yang lebih sempit.

Namun, pastikan untuk tidak terlalu banyak meningkatkan tekanan udara, karena hal ini dapat membuat ban menjadi keras dan mengurangi daya cengkeram.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya