Mobil Mau Irit, Oper Gigi Jangan Tunggu Mesin Meraung

Tuas transmisi manual.
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVA – Setiap pemilik mobil pasti menginginkan kendaraannya hemat bensin. Apalagi, saat ini sejumlah pabrikan telah menciptakan produknya yang dibenamkan teknologi irit bahan bakar.

Daftar Mobil Baru di Bawah Rp100 Juta yang Bensinnya Irit Banget

Sebenarnya, hemat bahan bakar bisa disiasati pengguna dengan mengaplikasikan teknik berkendara eco driving. Selain menghemat bahan bakar, cara tersebut juga bisa meminimalisir emisi gas buang.

Seperti dilansir dari laman Daihatsu, cara berkendara yang bisa dilakukan pengemudi, pertama, adalah melakukan perpindahan gigi. Saat memindahkan persneling mobil ke posisi yang lebih tinggi, jangan tunggu mesin meraung. Mengganti persneling idealnya dilakukan sebelum putaran mesin 2.000-3.000 rpm.

Terpopuler: 6 Mobil Baru Harga Rp100 Jutaan, Ada Diskon Besar di IIMS 2024

Kedua, sebisa mungkin pengemudi berkendara dalam kecepatan stabil. Pengemudi biasanya mempertahankan putaran mesin di bawah 2.000 rpm untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar.

Ketiga, saat berakselerasi dan melakukan pengereman sebisa mungkin lakukan teknik berkendara yang lembut. Dalam kondisi kemacetan, hindari injak pedal gas dan rem dengan cara kasar dan terburu-buru.

6 Mobil Baru Ini Bakal Dijual Rp100 Jutaan, Ada yang Irit BBM

Keempat, saat menghadapi lintasan jalan yang turun dan menanjak, pengemudi juga perlu menjaga kecepatan dan putaran mesin yang tidak terlalu tinggi. Hal ini, guna menjaga kinerja mesin tidak bekerja sangat keras saat berada di dua medan tersebut. (asp)

Maruti Alto

Terpopuler: Mobil Irit BBM di Bawah Rp100 Juta, Pajero Sport Baru Sudah di Diler

Berita yang membahas mengenai mobil irit BBM di bawah Rp100 juta dan Pajero Sport baru sudah di diler, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024