Tips Menghangatkan Ayam Goreng untuk Sahur

Ilustrasi ayam dan kulit ayam goreng.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Memasuki bulan Ramadan, Anda tentunya  akan mempersiapkan berbagai hidangan mulai dari sahur dan berbuka puasa untuk keluarga tercinta.  

Gak Bisa Masak, Zaskia Adya Mecca Bingung Disuruh Suami Bikin Ayam Goreng

Mengingat, hari pertama puasa terkadang cukup heatic, banyak ibu rumah tangga menyiasatinya dengan menggoreng ayam pada malam hari dan menghangatkannya keesokan harinya saat sahur.

Namun, ada hal yang perlu ibu ketahui saat memanaskan ayam goreng pertama mempertahankan rasa ayam goreng dan memastikan sisa makanan tidak membuat Anda sakit.  

Ramadhan Makin Istimewa! Menu Kesukaan Cipung Hadir di Hotel Mewah Jakarta

Menurut Katie Hill, seorang profesional bersertifikat dalam keamanan pangan dan editor senior di StateFoodSafety, satu-satunya cara aman untuk memanaskan ayam goreng adalah di oven, microwave atau di atas kompor.  ?Hill menjelaskan, hindari meninggalkan makanan terlalu lama dan pastikan memanaskannya dalam suhu yang tepat. 

"Dari sudut pandang keamanan pangan, Anda harus berhati-hati tentang bagaimana memanaskan kembali makanan.  Makanan tidak bisa bertahan di zona bahaya suhu (41–135 derajat Fahrenheit) lebih lama dari empat jam," kata dia seperti dikutip dari laman Reader Digest, Minggu, 5 Mei 2019. 

Ayam Pedas Berpadu Manis dan Gurih, Ada Rasa Burning Sensation di Lidah

Dia melanjutkan, untuk mencegah bakteri tumbuh ke tingkat yang tidak aman pada ayam goreng, dapat memanaskan ayam kembali hingga 165 derajat Fahrenheit atau setara 73,8 derajat celcius jika tidak berencana untuk memakannya segera. 

A. Berikut ini langkah memanaskan ayam goreng dalam oven. 

Tidak ada metode yang sangat mudah untuk membuat rasa ayam goreng yang dipanaskan sebagus yang baru, selain oven, kata koki OMG Hospitality Group Daniel England.  

1. Pastikan ayamnya bersuhu ruangan.  Tarik keluar dari lemari es sekitar 30 menit sebelum memanaskannya kembali.  Ini akan membantu memasaknya lebih merata dan lebih cepat.

2. Panaskan oven 176 derajat celcius terlebih dahulu  

3. Gunakan rak kawat di atas loyang sehingga ayam diangkat dan tidak akan basah di bagian bawah.

4. Masak ayam selama sekitar 15 menit atau hingga suhu internal mencapai sekitar 150 derajat Fahrenheit (65,5 C).  Naikkan oven menjadi 400 (204 C) dan masak selama 5-8 menit tambahan sampai ayam mencapai 165 derajat Fahrenheit (73,8 C). 

5. Celupkan dalam saus favorit dan nikmatilah.  Jika memiliki sisa kentang goreng untuk ditambahkan sebagai lauk, inilah cara terbaik untuk memanaskannya agar dapat dinikmati bersama ayam goreng.

B. Cara memanaskan kembali ayam goreng dalam microwave

Jika tidak punya waktu untuk memasak di oven, Anda dapat memanaskan ayam goreng dengan aman dalam microwave, tetapi berhati-hatilah karena teksturnya tidak akan sama.  

“Jika Anda mengikuti langkah ini, berhati-hatilah karena ayam goreng cenderung mengeringkan kulit yang sudah basah saat dimasak.  Ini akan menghasilkan tekstur yang lembut dan basah yang tidak akan dibandingkan dengan kulit garing yang dapat Anda raih ketika dipanaskan dengan benar," kata Claudia Sidoti, Kepala Chef di HelloFresh.  

1. Keluarkan ayam goreng dari lemari es dan biarkan selama sepuluh menit, sehingga mendekati suhu kamar.  Hal ini dilakukan untuk hampir semua metode pemanasan ulang untuk mencegah ayam kehilangan kelembapan selama pemanasan.

2. Tempatkan towel paper di atas piring untuk menyerap kelembapan ayam.  

3.  Microwave ayam goreng dalam interval 30 detik sampai hangat.  Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan microwave berlebihan atau ayam akan mengering.

4. Untuk hidangan pendamping, cobalah menambahkan makanan ini bahkan koki profesional memasak dalam microwave.  

C. Jika telah membekukan ayam goreng, gunakan langkah-langkah ini untuk menyiapkannya.

1. Lelehkan ayam goreng sisa beku dalam microwave sampai suhu mencapai 165 derajat Fahrenheit (73,8 C) yang diukur dengan termometer makanan.

2. Ikuti petunjuk untuk memanaskan ayam goreng dalam oven (seperti yang disebutkan di atas)

3. Tempatkan ayam di atas loyang oven yang aman yang dilapisi dengan aluminium foil.

4. Tempatkan wajan dalam oven di rak tengah selama sekitar sepuluh menit.

5. Pastikan untuk memeriksa ayam sesering mungkin karena panas pada kecepatan yang berbeda.

6. Sebagai aturan umum, potongan yang lebih tebal akan memanas pada laju yang lebih lambat daripada potongan yang lebih kecil.  Jika ayamnya renyah di luar dan menghangatkan semuanya, mereka sudah matang.

7. Panaskan kembali ayam goreng dalam oven pemanggang

D. Sidoti juga mengatakan Anda bisa memanaskan kembali ayam goreng dalam oven pemanggang menggunakan langkah-langkah berikut.

1. Lapisi loyang dari oven pemanggang Anda dengan aluminium foil.

2. Atur oven pemanggang roti hingga 400 derajat Fahrenheit (204 C) dan biarkan panas dulu selama beberapa menit.  Tempatkan segenggam ayam goreng di atas piring.

3. Tutup piring dengan handuk kertas.

4. Microwave ayam goreng selama sekitar satu menit hingga satu menit 45 detik.  Keluarkan piring dari microwave dan letakkan ayam di atas loyang.

5. Tempelkan loyang dalam oven pemanggang selama sekitar dua hingga tiga menit tambahan.

6. Biarkan ayam sampai cukup hangat untuk disentuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya