10 Sinetron Indonesia Terpanjang Ada yang Capai Ribuan Episode

Sinetron Ikatan Cinta
Sumber :
  • rctiplus.com/instagram @ikatancinta.mncp

VIVA – Sinetron Indonesia biasanya dibuat tak jauh dari kisah drama kehidupan sehari-hari di masyarakat yang membuat menarik para penonton, terutama ibu-ibu atau kaum hawa. Sehingga tak heran jika kebanyakan sinetron ini memiliki episode yang panjang. Beberapa judul sinetron bahkan sampai dibuat beberapa season dengan cerita yang semakin pelik.

Rizky Nazar Diisukan Selingkuh, Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Biasanya, episode yang Panjang ini dimunculkan aktor baru untuk menambah cerita yang semakin Panjang. Sinetron ini merupakan tayangan acara televisi favorit bagi penonton untuk menemani waktu istirahatnya. Bahkan, berkat sinetron yang panjang ini, para artis pendatang baru bisa dikenal luas masyarakat. Berikut deretan sinetron yang memiliki durasi paling Panjang.

1. Tukang Bubur Naik Haji

Aliando Sebut Prilly Latuconsina Mantan Terindah, Ada Penolakan Main Film Bareng?

Tukang Bubur Naik Haji

Photo :
  • Youtube/RCTI

Sinetron Tukang Bubur Naik Haji (TBNH) The Series ini ditayangkan di RCTI sejak 28 Mei 2012 – 2 Juni 2017 dan memiliki 2.300 episode. Sinetron yang diperankan Citra Kirana ini pernah memenangkan kategori Special Foreign Drama di International Drama Festival in Tokyo 2014.

Amanda Manopo Murka! Gosip Hoaks Tersebar Luas, Keluarga Sampai Tahu

2. Cinta Fitri

Cinta Fitri

Photo :
  • friendster.com

Sinetron yang pernah menghiasi layar kaca andalan stasiun SCTV ini tayang dari 9 April 2007 hingga 8 Mei 2011. Sinetron Cinta Fitri memiliki 1.002 episode dalam 7 musim. Cinta Fitri menang Panasonic Gobel Awards untuk kategori DrAMA Seri Terbaik pada tahun 2009 dan 2010.

3. Bajaj Bajuri

Sinetron Bajaj Bajuri

Photo :
  • Instagram @bajaj_bajuri04

Sitkom ini ditayangkan di Trans TV dari tahun 2002–2007 dengan total 1.291 episode. Bajaj Bajuri patut diberi anugrah sebagai sinetron paling kocak pada masanya. Pada tahun 2014, sinetron yang digarap GMM Films Productions ini dibuatkan versi film atas naungan Starvision Plus.

4. Anak Langit

Stefan William di Anak Langit

Photo :
  • instagram stefan William

Sinetron Anak Jalanan (2015-2017) ini punya 1.560 episode, yang bercerita tentang kehidupan geng motor. Awalnya, sinetron Anak Jalanan ditayangkan di RCTI, namun bergeser ke SCTV sejak penayangan pertama di Februari 2017. Pemain sinetron semi laga ini masih sama dan Stefan Wiliam masih sebagai pemeran utama. Sejak pandemi Covid-19 Anak Langit tidak lagi tayang dan berhenti di episode 1.560. 

5. Jodoh Wasiat Bapak

Jodoh Wasiat Bapak.

Photo :
  • ANTV

Sinetron dengan genre horror, supranatural, dan komedi ini disukai oleh masyarakat. Jodoh Wasiat Bapak tayang dari 22 April 2017 – 26 Juli 2019 di ANTV sebanya 1.042 episode. Bukan sebuah cerita panjang, tetapi sinetron ini merupakan kisah pendek berdurasi 30 menit yang memiliki tema berbeda setiap episodenya.

6. Dunia Terbalik

Dunia Terbalik

Photo :
  • Instagram @duniaterbalik.mncp

Sinetron genre komedi ini disiarkan di RCTI sejak awal 2017 hingga sekarang sudah mencapai lebih dari 2500 episode. Sinetron ini bercerita tentang seorang suami mengurus rumah tangga dan istri menjadi TKW. Para pemerannya diantaranya Agus Kuncoro, Mieke Amalia, dan Sutan Simatupang tampil dalam sinetron ini.

Para Pemain Sinetron Tukang Ojek Pengkolan

Photo :
  • Instagram @tukangojekpengkolan.mncp

TOP (Tukang Ojek Pengkolan) bercerita tentang bergesernya ojek pangkalan jadi ojek online. Tema sederhana ini ternyata dicintai oleh banyak penggemar karena tayang dari 25 April 2015 sampai sekarang. Saking lamanya, sinetron ini sampai meraih rekor MURI pada 10 Februari 2021 lalu dengan jumlah tayangan hingga 2662 episode. 

Sinetron yang biasa disingkat TOP tayang sejak April 2015. TOP memiliki sekitar 3.000 episode sampai saat ini. Penggemar sinetron ini pun masih banyak lho. TOP juga pernah menang di ajang Indonesian Television Awards 2019 sebagai Program Prime Time Drama Terpopuler dan Panasonic Gobel Awards 2019 sebagai Program Sinetron Serial Terfavorit.

8. Tersanjung

Sinetron Tersanjung.

Photo :
  • ANTV

Generasi 90-an mungkin taka sing dengan sinetron yang satu ini. Sinetron tahun 90an ini sampai mendapatkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) karena masa tayangnya yang mencapai 7 tahun, sejak 10 April 1998 – 3 Juni 2005. Pemeran utama sinetron garapan Multivision Plus yang hadir di Indosiar ini, sampai berganti tiga kali. Musim pertama sampai tiga pemeran utama wanita diperankan oleh Lulu Tobing, musim empat sampai lima diperankan oleh Jihan Fahira, dan musim enam hingga tujuh diperankan oleh Lingga Suri. Sinetron ini berkisah drama kehidupan rumah tangga yang makin lama makin pelik.

9. Orang Ketiga

Sinetron Orang Ketiga

Photo :
  • Instagram

Sinetron Orang Ketiga tayang perdana pada 15 Januari 2018 yang merupakan garapan Sinemart. Sejumlah artis kenamaan memerankan sinetron ini seperti Naysilla Mirdad, Marshanda, Rionaldo Stockhorst, dan Samuel Zylgwyn. Sinetron Orang Ketiga ini memiliki 809 episode.

Sinetron Ikatan Cinta

Photo :
  • rctiplus.com/instagram @ikatancinta.mncp

Sinetron yang satu ini menjadi favorit bagi para penggemarnya. Ikatan Cinta tayang perdana sejak 19 Oktober 2020. Ikatan Cinta sampai saat ini masih ditayangkan di RCTI dan hingga saat ini sudah mencapai sekitar 316 episode. Ikatan Cinta akan menjadi sinetron dengan tayangan terpanjang lantaran para pemerannya mampu membius penonton dengan adegannya yang luar biasa, serta kisah yang relate dengan kehidupan.
Ikatan Cinta dibintangi sejumlah aktor dan aktris muda berbakat, yaitu Amanda Manopo (Andin), Arya Saloka (Aldebaran), Glenca Chysara (Elsa), dan Evan Sanders (Nino) yang mampu merebut perhatian penonton.

Itulah deretan sinetron yang memiliki durasi terpanjang selama ini. Favorit kamu yang mana?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya