Pindah Agama, Seperti Apa Kehidupan 6 Artis Ini di Bulan Ramadhan?

Audi Marissa
Sumber :
  • Instagram @audimarissa

VIVA – Ada beberapa artis yang memilih pindah agama dari Islam dan memilih keyakinan lain. Jika biasanya mereka menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, kini tidak lagi. Padahal bulan Ramadhan sendiri merupakan salah satu momen yang sangat dinantikan oleh semua umat Islam yang ada di dunia, tidak terkecuali dengan para artis yang menganut agama Islam. Menjadi seorang publik figur memang tidak akan terlepas dari sorotan publik, mulai dari kisah asmara, kehidupan keluarga, sampai urusan pribadi. 

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Agama dan keyakinan adalah sebuah privasi setiap orang yang tidak berhak untuk ditentang oleh siapapun. Seseorang dapat memilih agama dan keyakinan sendiri setelah mampu bertanggung jawab atau sekiranya sudah berusia 18 tahun. Setiap orang tentu saja mempunyai alasan masing-masing dalam memilih atau bahkan berpindah keyakinan. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ulasan tentang artis yang tidak menjalankan ibadah puasa karena pindah agama yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Audi Marissa

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Audi Marissa

Photo :
  • Instagram

Artis yang tidak menjalankan ibadah puasa pertama adalah Audi Marissa. Pesinetron kelahiran tahun 1995 tersebut sempat diduga pindah agama dari Islam ke Kristen. Hal ini terjadi pada Audi menggelar acara pernikahan dengan Anthony Xie. Setelah sekian lama tutup mulut, akhirnya Anthony Xie menyatakan bahwa sang istri telah pindah agama dan kini sama dengan keyakinan dirinya. 

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Anthony memberikan kesaksian dalam Kebaktian HUT Depok yang ke-10 di bulan Juni 2021. Pada pernyataan tersebut, ia secara jelas mengatakan bahwa Audi sudah mengikuti keyakinan yang sama dengan dirinya. Keputusan pindah agama tersebut pada akhirnya membuat pernikahan mereka bisa dilangsungkan. Pada bulan Ramadhan tahun ini, Audi pun tidak menjalankan ibadah puasa karena sudah pindah agama. 

2. Kriss Hatta

Kriss Hatta.

Photo :
  • VIVA/Aiz Budhi

Akhir tahun 2021 lalu, Kriss Hatta mengungkapkan bahwa dirinya sudah kembali memeluk agama Nasrani. Hal ini diungkapkan ketika dirinya merayakan Natal bersama dengan keluarganya. Artis yang tidak menjalankan ibadah puasa ini baru berani mengungkapkan kepada publik di momen Natal. 

Ia kembali memeluk agama Kristen sejak Oktober 2019 lalu setelah dirinya keluar dari rutan Cipinang. Diketahui bahwa Kriss Hatta pernah menjadi mualaf ketika menikah dengan Hilda Vitria tahun 2015 lalu. Karena keputusan tersebut, pada bulan Ramadhan tahun ini Kriss Hatta tidak lagi menjalankan ibadah puasa.

3. Salmafina Sunan

Salmafina Sunan.

Photo :
  • dok. instagram @salmafinasunan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Salmafina Sunan memutuskan untuk pindah agama dari Islam ke Kristen pada tahun 2018 silam. Sebelum itu, ia sempat menghebohkan publik lantaran melepas hijab tak lama setelah bercerai dengan Taqy Malik. Setelah pindah agama tersebut, Salmafina Sunan kerap membagikan kisahnya sampai menerima hujatan. 

Sebelumnya, kabar artis yang tidak menjalankan ibadah puasa karena pindah agama ini berhembus pada tahun 2019. Pada saat itu, warganet bertanya-tanya kenapa Salmafina sangat antusias dalam merayakan Natal 2019. Tidak disangka ia sudah merayakannya sebanyak dua kali. Karena itu, Salmafina Sunan saat ini tidak lagi menjalankan ibadah puasa Ramadan

4. Steve Emmanuel

Steve Emmanuel

Photo :
  • VIVA.co.id/Shalli Syartiqa

Artis yang tidak menjalankan ibadah puasa berikutnya adalah Steve Emmanuel. Steve sebelumnya pernah menjadi buah bibir warganet lantaran memutuskan untuk berpindah-pindah agama. Pada awalnya, ia menganut agama Kristen dan memutuskan untuk menjadi seorang mualaf dengan mengucapkan dua kalimat syahadat di hadapan ketua FPI, Habib Rizieq. 

Bahkan, Steve sampai mengganti namanya menjadi Yusuf Iman. Akan tetapi, ia memutuskan untuk kembali memeluk agama Kristen dan saat ini ia tengah terseret kasus narkoba. Maka dari itu, Steve tidak lagi melaksanakan ibadah puasa karena sudah pindah keyakinan. 

5. Asmirandah

Asmirandah dan Jonas Rivano

Photo :
  • IG @asmirandah89

Berbicara soal agama, tentu nama Asmirandah tidak akan terlepas dari pembahasan. Sebelum memeluk agama Kristen, Asmirandah beragama Islam. Sebelum kabar tersebut berhembus ke publik, bertahun-tahun ia menutupi kabar tersebut. Karena pernikahan dengan Jonas Rivanno yang membuat Anda dituduh rela pindah agama ke Kristen. 

Namun, Andah membantah bahwa dirinya pindah agama karena ingin menikah. Sebab, sebelum menikah pun ia sudah ingin mengenal agama Kristen. Bahkan, artis yang tidak menjalankan ibadah puasa ini secara diam-diam membaca Alkitab tanpa sepengetahuan dari Vanno dan orang lain. 

6. Lukman Sardi

Lukman Sardi.

Photo :
  • VIVA/Nuvola Gloria

Aktor ternama Lukman Sardi juga memutuskan untuk pindah agama di usianya yang sudah tidak muda lagi. Sehingga ia masuk ke dalam daftar artis yang tidak menjalankan ibadah puasa. Keputusan pindah keyakinan ini karena sang kakek yang menjelaskan tentang kekuatan Tuhan dalam alkitab. 

Sebelum itu, ia juga hidup di dalam lingkungan keluarga dengan perbedaan agama. Lukman bahwa pernah menikah dengan seorang perempuan yang berbeda agama dan kini ia sudah mengikuti keyakinan dari sang istri. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya