Met Gala 2023 Resmi Dihelat, Apa Tema Tahun Ini?

Anne Hathaway di Met Gala 2023
Sumber :
  • Vogue

VIVA Showbiz – Met Gala tahunan, yang diadakan oleh majalah mode terkenal di dunia, Vogue, dapat dikatakan malam galang dana terbesar dalam dunia mode. Met Ball tahun ini diadakan pada hari Senin, 1 Mei.

Geger Wanita Miliader Jatuh Miskin, Kini Jadi Gelandangan

The Met Ball, juga dikenal sebagai Costume Institute Gala atau Costume Institute Benefit, adalah penggalangan dana yang dipimpin oleh Anna Wintour untuk memberi sumbangan dan manfaat lainnya kepada Metropolitan Museum of Art's Costume Institute di Manhattan, di New York.

Acara mode paling bergengsi di dunia adalah acara mode dunia yang paling ditunggu-tunggu, dan undangan sangat didambakan oleh orang-orang di industri ini. Hanya selebritas A-List yang diundang ke keuntungan glamor, mereka yang dianggap sebagai pemberi pengaruh paling relevan di industri hiburan, bisnis, olahraga, media, dan politik.

Miris, Wanita Ini Dulu Kaya Raya, Kini Jadi Gelandangan

Apa itu Met Gala?

Anne Heathway dan Donatella Versace di Met Gala 2023

Photo :
  • Vogue
Aurel Hermansyah Iri Lihat Rihanna Pakai Gaun Klasik Seksi, Kode Hamil Juga?

Diadakan setiap tahun pada hari Senin pertama bulan Mei, tanggal yang juga menandakan hari pertama pameran tahunan museum Anna Wintour Costume Institute, Met Gala didirikan pada tahun 1948 oleh Eleanor Lambert, seorang humas fesyen, untuk mengumpulkan dana bagi Institut Kostum , yang baru didirikan pada saat itu.

Acara ini sekarang menjadi penggalangan dana terbesar di NYC. Meta Gala mengumpulkan $9 juta pada tahun 2013 dan $12 juta pada tahun 2014; pada tahun 2022, gala memecahkan rekor dengan $17,4 juta. Total kontribusi melampaui $200 juta pada tahun 2019.

Biaya tiket untuk menghadiri Met Gala dinaikkan dari $30.000 menjadi $50.000 pada tahun 2023.

Di Mana Met Gala Diadakan?

Kendall Jenner di Met Gala 2021.

Photo :
  • Instagram @justjared

Acara penggalangan dana yang glamor tersebut diadakan di Metropolitan Museum of Art Upper East Side Manhattan di New York.

Met Gala Benefit pertama pada tahun 1948 adalah jamuan makan malam resmi, dan harga tiket "hanya" $50. Peserta acara sederhana itu adalah mereka yang berada di industri mode Manhattan dan anggota masyarakat kelas atas New York, dan penggalangan dana diadakan di berbagai lokasi di seluruh kota.

Masukkan Diana Vreeland pada tahun 1972 lah yang membuat Met Gala menjadi besar seperti sekarang. Pengusaha wanita terkemuka itu menjabat sebagai konsultan Costume Institute dan benar-benar meningkatkan kemewahan dan prestise acara tersebut. Sejak tahun itu, manfaat lebih besar diadakan di Museum Seni Metropolitan, dan setiap tahun akan ada tema yang berbeda.

Met Gala juga menjadi daya tarik yang lebih global dan beragam, menarik minat selebriti terkenal di industri hiburan dan seni seperti Elizabeth Taylor, Andy Warhol, Bianca Jagger, Diana Ross, Elton John, Liza Minnelli, Madonna, dan Cher.

Apa Tema Tahun Ini?

Anna Wintour dan Karl Lagerfeld

Photo :
  • fashionista.com

Tiap tahunnya, Met Gala memiliki tema yang berbeda. Nah, di 2023, tema yang diambil adalah dari seorang legenda mode, Karl Lagerfeld

Menggambarkan desainer tersebut sebagai seorang teman, raja bisnis, seorang intelektual dan "salah satu orang yang paling banyak membaca yang pernah saya kenal", ungkap Wintour: "Karl akan agak terkejut dengan gagasan pakaiannya muncul di museum". ujarnya. "Dia membenci gagasan tentang mode yang hanya berdiri diam untuk dikagumi secara sekilas." 

Awalnya tema ini diijadwalkan pada tahun 2021, namun acara Met Gala sempat ditunda karena pandemi Covid-19.

Tema lengkap pameran ini adalah Karl Lagerfeld: a Line of Beauty, dinamai menurut teori estetika Hogarth tahun 1753 sebagaimana diuraikan dalam The Analysis of Beauty dan akan berfokus pada transformasi sketsa 2D Lagerfeld menjadi pakaian 3D.  

Lebih dari 150 pakaian akan dipamerkan, mencakup karir Lagerfeld sebagai direktur kreatif jenama-jenama besar seperti Chloé, Fendi, Chanel, label Karl Lagerfeld sendiri dan karyanya di Balmain serta Patou. 

Siapa Tamu yang Diundang?

Jennie BLACKPINK di Met Gala 2023

Photo :
  • Twitter

Anna Wintour, yang menjadi ketua Met Gala sejak 1995, adalah yang mengatur daftar tamu. Ia mulai memasukkan lebih banyak tokoh global dalam sektor mode, hiburan, bisnis, olahraga, dan politik.

Selebriti mode, musik, dan film terpilih diundang ke acara yang setiap tahun hanya mengirimkan 600 hingga 700 undangan. Orang-orang yang muncul di sampul Vogue dalam setahun terakhir biasanya adalah tamu terkemuka yang diundang, serta pemain penting di berbagai sektor di luar hiburan, seperti bintang olahraga, politikus, tokoh media, dan miliarder.

Banyak tamu di acara yang terkenal secara global ini berasal dari negara-negara yang jauh di luar Amerika Serikat, dengan beberapa peserta berasal dari Eropa, seleb-seleb dari Korea Selatan dan India, dan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya