Michael Jackson Dituntut Lagi Kasus Pelecehan Seksual Setelah 14 Tahun Wafat

Michael Jackson
Sumber :
  • ABC News

VIVA Showbiz – Tuntutan hukum dari dua pria yang menuduh mendiang Michael Jackson melakukan pelecehan seksual ketika mereka masih anak-anak kembali diajukan ke pengadilan juri, ujar pengadilan banding California akhir pekan lalu.

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Kedua pria itu, Wade Robson dan James Safechuck, ditampilkan dalam serial dokumenter HBO 2019 Leaving Neverland, yang merinci tuduhan mereka terhadap Jackson, yang meninggal pada 2009.

Robson dan Safechuck pada 2013 dan 2014 mengajukan tuntutan hukum terhadap MJJ Productions dan MJJ Ventures, perusahaan produksi Jackson yang dimiliki oleh penyanyi tersebut sebelum kematiannya.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Foto Terakhir Michael Jackson

Photo :
  • Kevin Mazur/AEG/Getty Images (AP)

Menurut laporan The Guardian, tuntutan hukum tersebut awalnya diberhentikan pada tahun 2017 karena telah melewati undang-undang pembatasan. Tetapi pada tahun 2020, undang-undang California yang baru memperpanjang undang-undang pembatasan bagi para penyintas yang masih anak-anak pada saat pelecehan, memungkinkan kedua kasus tersebut dihidupkan kembali, dilansir 21 Agustus 2023.

PDIP Minta Penetapan Prabowo Ditunda karena Gugatan di PTUN, KPU Tegaskan Ini

Pada tahun 2020 dan 2021, seorang hakim Los Angeles kembali menolak gugatan tersebut, dengan memutuskan bahwa perusahaan tersebut "tidak memiliki kemampuan hukum" untuk mengendalikan Jackson, karena dia adalah satu-satunya pemilik perusahaan.

Tetapi pada hari Jumat pekan lalu, panel tiga hakim dari pengadilan banding kedua California mengatakan tidak setuju dengan hakim dan mengatakan kasus tersebut dapat dilanjutkan ke pengadilan juri.

“Sebuah perusahaan yang memfasilitasi pelecehan seksual terhadap anak-anak oleh salah satu “karyawannya” tidak dibebaskan dari kewajiban afirmatif untuk melindungi anak-anak tersebut hanya karena dimiliki oleh pelaku pelecehan tersebut,” tulis para hakim dalam keputusan mereka.

“Akan tidak baik untuk menemukan tidak ada kewajiban berdasarkan pada terdakwa perusahaan yang hanya memiliki satu pemegang saham. Jadi kami membalikkan penilaian yang dimasukkan untuk korporasi.”

Robson, yang kini berusia 40 tahun, mengatakan bahwa Jackson melecehkannya dari usia tujuh hingga 14 tahun. Safechuck, yang kini berusia 45 tahun, mengatakan bahwa Jackson melecehkannya selama empat tahun, dimulai sekitar akhir tahun 1988, saat ia berusia 10 tahun.

Kedua laki-laki menuduh bahwa karyawan perusahaan tidak cukup melindungi mereka dari Jackson, membantu mengoordinasikan kunjungan dan memastikan Jackson bisa berduaan dengan mereka.

Pengacara untuk perusahaan Jackson dan tanah miliknya menyatakan bahwa Jackson tidak bersalah dan menjadi sasaran orang-orang itu karena nama dan uangnya.

"Kami tetap sepenuhnya yakin bahwa MJ tidak bersalah atas tuduhan ini, yang bertentangan dengan semua bukti yang kredibel dan pembuktian independen, dan yang baru dibuat bertahun-tahun setelah kematian Michael oleh orang-orang yang hanya dimotivasi oleh uang," ujar Jonathan Steinsapir, seorang pengacara untuk perkebunan Jackson, dalam sebuah pernyataan setelah keputusan dari pengadilan banding.

Holly Boyer, seorang pengacara untuk Robson dan Safechuck, mengatakan kepada Associated Press sebagai tanggapan bahwa para pria, sebagai anak laki-laki, "ditinggalkan sendirian di kandang singa oleh karyawan terdakwa".

“Tugas afirmatif untuk melindungi dan memperingatkan adalah benar,” kata Boyer.

Perilisan Leaving Neverland pada tahun 2019 memicu perdebatan pertama seputar warisan Jackson sejak gerakan #MeToo, yang memperhitungkan pelecehan seksual di Hollywood dan industri lainnya.

Neverland, pulau fantasi Michael Jackson

Photo :
  • www.mirror.co.uk

Selama hidupnya, Jackson menghadapi dua penyelidikan atas tuduhan pelecehan seksual terhadap anak-anak.

Pada tahun 1994, dakwaan dibatalkan setelah tersangka utama memutuskan untuk tidak bersaksi, dan Jackson mencapai penyelesaian sekitar $20 juta dengan keluarga anak laki-laki tersebut. Kemudian pada tahun 2005, juri di California membebaskan Jackson dari tuduhan penganiayaan anak dan menyajikan alkohol kepada anak di bawah umur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya