Kucumbu Tubuh Indahku Resmi Didaftarkan ke Oscars 2020

Film Kucumbu Tubuh Indahku didaftarkan di International Feature Film Award
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ichsan Suhendra

VIVA – Indonesia mengirimkan satu filmnya ke ajang Academy Awards alias Oscars yang ke-92. Adalah Kucumbu Tubuh Indahku, karya Garin Nugriho yang akan bersaing dengan film lain dalam kategori International Feature Film Awards 2020.

Intip Momen Ryan Gosling Membawakan Lagu I'm Just Ken di Panggung Academy Awards ke-96

Film tersebut berhasil mengalahkan 41 film lain yang di seleksi oleh Komite Oscars 2020 atau The Indonesian Academy Awards Selection Committee. Komite itu terdiri dari 13 orang yang berprofesi sebagai produser, penulis, sutradara, aktris, aktor, director of photography, film composer dan jurnalis. 

"Kami sepakat memilih film Kucumbu Tubuh Indahku karena kami melihat bawah dari film itu sebagai sebuah karya film lengkap. Film itu bukan hanya bahasa oral dan gambar saja, tapi ada bahasa batin dan rasa," kata Sheila Timothy, salah satu anggota Komite Oscar 2020, saat jumpa pers di Plaza Senayan, Jakarta, Selasa, 17 September 2019.

Daftar Lengkap Pemenang Piala Oscar 2024, Oppenheimer Menang Besar

Baca juga: Perempuan Tanah Jahanam, Film Horor Joko Anwar Siap Menggedor Jantung

Sebelumnya, ada tiga film unggulan yang bersaing untuk didaftarkan ke Oscars. Dua judul lainnya adalah Ave Maryam dan 27 Steps of May. Film yang diseleksi dan dianggap layak tersebut merupakan film yang tayang di bioskop pada 1 Oktober 2018 sampai 30 September 2019.

The Zone of Interest Segera Tayang di Bioskop Indonesia, Raih Nominasi Film Terbaik Oscar

Kucumbu Tubuh Indahku akan bersaing dengan film dari negara lain. Sebelumnya, kategori ini dinamakan The Oscars Foreign Language Film dan kini berganti jadi International Feature Film Awards.

Kucumbu Tubuh Indahku bercerita mengenai penari lengger bernama Juno. Film dibagi menjadi empat babak kehidupan Juno, mulai dari kecil, perpindahan kehidupan, remaja sampai dewasa. 

Film ini terinspirasi dari seorang penari klasik bernama Rianto. Kucumbu Tubuh Indahku diperankan oleh Muhammad Khan, Sujiwo Tejo, Teuku Rifnu Wikana, Randy Pangalila dan Endah Laras.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya