Sinopsis Deepwater Horizon, Kisah Nyata Ledakan Besar di Teluk Meksiko

Deepwater Horizon
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ledakan dahsyat di kapal penambang minyak Deepwater Horizon pada 2010 silam menelan korban sebanyak 11 orang. Kejadian itu dipicu adanya kebocoran pipa tambang yang menyebabkan kebakaran selama 87 hari.

Nikita Mirzani Main Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa, Curhat Perjuangan saat Syuting

Dahsyatnya tragedi ini pun diangkat ke layar lebar berjudul Deepwater Horizon yang akan tayang malam ini. Sudut pandang seorang Mike Williams, kepala teknisi ET di kapal pengebor minyak di Deep Horizon diperankan oleh Mark Wahlberg.

Mike adalah sosok ayah yang harmonis bersama keluarga kecilnya. Dia berjuang menyelamatkan diri beserta para awak kapal yang mencoba bertahan hidup dari bencana ini. Mereka harus bekerja sama dan memutar otak untuk bisa keluar dari kebakaran hebat tersebut.

Ketua PD Parfi Bali Lenny Hartono Ingin Industri Film Semakin Maju

Konflik bermula ketika kapal kilang di Deepwater Horizon di Teluk Meksiko, dijadwalkan untuk memulai penambangan minyak di laut perbatasaan US dan Mexico. Kapal kilang ini sebenarnya terlambat 43 hari dari jadwal yang penambangan yang ditentukan.

Namun sayangnya dengan keterlambatan tersebut masih ada proses  yang belum diselesaikan, yaitu pengecekan bantalan semen pada pipa tambangan.

Gak Ambil Adegan Ciuman Meski Dibayar Miliaran, Marthino Lio Pentingkan Perasaan Istri

Setelah melakukan beberapa pengujian, akhirnya penambangan mulai dilakukan. Tapi sayangnya hal yang ditakutkan oleh pengelola kapal pun akhirnya benar-benar terjadi.

Adegan saat pipa tambang bocor dan kebakaran mulai meledakan seluruh kapal kilang Deepwter Horizon, berubah menjadi bencana yang benar-benar mengerikan. Film ini juga menampilkan tim yang solid dari para karakter termasuk Jimmy Harrel (Kurt Russel), Caleb Holloway (Dylan O Brien) dan Andra Fleytas  (Gina Rodriguez).

Semburan minyak dan ledakan, terjebak di reruntuhan, ledakan gas yang terus berlanjut membuat suasana menjadi sangat mencekam. Kekacauan yang terjadi membuat para kru kapal tambang menjadi panik dan saling berebut untuk naik ke atas skoci untuk menyelamatkan diri.

Film berdurasi 107 menit itu digarap oleh Peter Berg tayang perdana di Festival Film Internasional Toronto pada tanggal 13 September 2016 dan dirilis di Amerika Serikat pada 30 September 2016.

Film Deepwater Horizon berhasil memperoleh pendapatan selama masa tayangnya di seluruh negara sebesar $121.790.373, melebihi anggaran produksi film, yakni $110 juta.

Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 83 persen dari 238 ulasan, dengan rating rata-rata 7/10. Di situs IMDb, film ini mendapatkan skor 7,1 dari 10, berdasarkan 146.436 penilai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya