3 Kali Raih Golden Globes, Jodie Foster: Tak Berharap di Sini Lagi

Jodie Foster
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Jodie Foster meraih piala untuk nominasi Aktris Pendukung Terbaik di ajang Golden Globes 2021. Ia memenangkan piala tersebut untuk film "The Mauritanian:  I Just Never Expected To Ever Be Here Again".

On This Day: Kematian Tragis Legenda Hollywood Audrey Hepburn

Saat meraih piala tersebut, ia tak pernah menyangka akan kembali menerima penghargaan di ajang yang sama. “Saya tidak pernah berharap untuk ada di sini lagi," katanya seperti dikutip laman Deadline, Senin, 1 Maret 2021. 

Bagi Jodie Foster, piala ini bukanlah piala yang pertama. Patung Golden Globes yang diraihnya ini merupakan kemenangan ketiga di ajang Golden Globes untuk Aktris Pendukung Terbaik. 

Steven Yeun dan Ali Wong, Artis Asia Pertama yang Menang Golden Globe 2024

Saat meraih piala tersebut, Jodie juga mengatakan, “Saya pikir Anda melakukan kesalahan. Saya sedikit tidak bisa berkata-kata. Saya tidak pernah berharap untuk berada di sini lagi," kata Foster sebelum berterima kasih kepada pembuat film yang luar biasa. Simak artikel ini selengkapnya di halaman berikut.

Jodie Foster menang atas perannya sebagai pengacara Nancy Hollander, yang memperjuangkan kebebasan Mohamedou Ould Slahi, seorang pemuda yang dipenjara secara tidak adil oleh AS selama 14 tahun di Teluk Guantanamo karena menjadi tersangka plot 9/11.

Outfit Barbie Plus Perhiasan Rp46 Miliar Margot Robbie, Curi Perhatian di Golden Globes 2024

Selama pidato penerimaan penghargaan Golden Globes, Foster berterima kasih kepada Slahi di kehidupan nyata. “Kamu telah mengajari kami banyak tentang menjadi manusia. Tentang menjadi menyenangkan dan penuh kasih dan pemaaf. Itu adalah pelajaran yang Anda berikan kepada semua orang."

Tak cuma meraih penghargaan di ajang Golden globes, ia juga pernah jadi penerima Penghargaan Cecil B. DeMille 2013, mengalahkan daftar nominasi mengesankan termasuk Glenn Close, Olivia Colman, Amanda Seyfried, dan Helena Zengel.

Seperti diketahui, Jodie Foster memulai karier profesionalnya sebagai model sejak usia anak-anak. Ketika itu dia berusia tiga tahun, dan dia melakukan akting pertamanya pada tahun 1968 di sitkom televisi Mayberry R.F.D. Berikut, perjalanan karier Jodie Foster.

Pada akhir 1960-an dan awal 1970-an, ia bekerja di beberapa serial televisi dan membuat debut filmnya bersama Disney's Napoleon dan Samantha (1972). Kemudian ia tampil dalam musikal Tom Sawyer (1973) dan drama komedi Martin Scorsese, Alice Don't Live Here Anymore (1974), terobosan Foster datang dengan thriller psikologis Scorsese Taxi Driver (1976), di mana ia bermain sebagai pelacur. Pada usia 14 tahun, ia juga pernah menerima nominasi untuk Academy Award untuk Aktris Pendukung Terbaik. Perannya yang lain sebagai seorang remaja termasuk musikal Bugsy Malone (1976) dan film thriller The Little Girl Who Lives Down the Lane (1976), dan Jodie Foster menjadi idola remaja yang populer dengan membintangi Disney's Freaky Friday (1976) dan Candleshoe (1977) , serta Carny (1980) dan Foxes (1980).

Meski sukses menjalani kariernya di dunia akting, Jodie Foster juga sempat mengalami kemunduran karier di awal tahun 2000-an, termasuk pembatalan proyek film dan penutupan perusahaan produksinya, tetapi setelah itu ia membintangi empat film thriller yang sukses secara komersial yaitu film Panic Room (2002), Flightplan (2005), Inside Man (2006) dan The Brave One (2007). 

Dia kemudian memfokuskan diri sebagai sutradara pada tahun 2010, menyutradarai film The Beaver (2011) dan Money Monster (2016),[3] serta episode untuk serial televisi Netflix, orange Is the New Black, House of Cards, dan Black Mirror. Dia juga membintangi film Carnage (2011), Elysium (2013), dan Hotel Artemis (2018). 

Laporan: Aufa Prasya Namyra

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya