10 Fakta Zack Snyder's Justice League, Tayang Hari Ini di HBO GO

Justice League versi Zack Snyder.
Sumber :
  • Warner Bros. Pictures

VIVA Zack Snyder's Justice League atau Snyder's Cut sudah bisa Kamu saksikan mulai hari ini, Kamis, 18 Maret 2021 di HBO GO. Sebelum nonton, ada sejumlah fakta-fakta terkait film ini dan latar belakang dirilisnya Justice League versi Snyder.

Sinopsis Branding in Seongsu Episode 1: Trik Kim Ji Eun Atasi Pemagang yang Bikin Frustasi

Berikut ini 10 fakta yang wajib Kamu ketahui.

1. Sinopsis

Simak Sinopsis Film Smugglers, Kisah Penyelundupan yang Dilakukan Oleh Penyelam Wanita

Justice League versi Zack Snyder.

Photo :
  • Warner Bros. Pictures

Dalam film Zack Snyder's Justice League, untuk memastikan pengorbanan terakhir Superman (Henry Cavill) tidak sia-sia, Bruce Wayne (Ben Affleck) menyelaraskan pasukan dengan Diana Prince (Gal Gadot) dengan rencana merekrut tim superhero untuk melindungi dunia dari bencana.

Deretan Kisah Mistis yang Terjadi dalam Perang Dunia

Tugas itu ternyata lebih sulit daripada yang dibayangkan Bruce, karena setiap rekrutan harus menghadapi setan dari masa lalu mereka sendiri untuk mengatasi apa yang telah menahan mereka.

Ketika akhirnya mereka telah bersatu, Batman, Wonder Woman, Aquaman (Jason Momoa), Cyborg (Ray Fisher) dan The Flash (Ezra Miller) mungkin sudah terlambat untuk menyelamatkan planet dari Steppenwolf, DeSaad dan Darkseid dan niat mengerikan mereka.

2. Pernah dirilis tahun 2017

Justice League.

Photo :
  • instagram.com/justiceleague

Film kelima DC Extended Universe (DCEU) ini sebenarnya sudah dirilis tahun 2017 lalu. Namun, film itu mendapat banyak ulasan buruk dan dianggap gagal. Banyak kritikus yang menilainya kehilangan arah. Salah satu penyebabnya karena karena film tersebut ditinggal sang sutradara, Zack Snyder di tengah jalan.

Setelah mengerjakan sebagian proses pembuatan film, Snyder mundur dari kursi sutradara karena peristiwa tragis yang menimpa keluarganya. Anak perempuannya yang berusia 20 tahun bunuh diri pada Maret 2017.

Snyder kemudian menunjuk sutradara Avengers, Joss Whedon untuk menggantikannya dan menyupervisi penyuntingan film dalam proses pasca produksi. Whedon lantas memutuskan untuk menambah unsur komedi dan menulis serta melakukan proses syuting ulang beberapa adegan.

3.  Berawal dari petisi fans

Justice League versi Zack Snyder.

Photo :
  • Warner Bros. Pictures

Ulasan buruk dan rasa kecewa fans DC membuat penggemar di seluruh dunia ramai-ramai membuat petisi, meminta keadilan untuk Justice League.

Selama bertahun-tahun mereka menuntut Warner Bros. Pictures untuk merilis Justice League versi sutradara aslinya, Zack Snyder lewat tagar #ReleaseTheSnyderCut.

Peluncuran spesial ini akhirnya bisa terwujud berkat sekelompok penggemar yang berdedikasi menginisiasi kampanye #ReleaseTheSnyderCut. Dalam prosesnya, mereka menyerang Warner Bros. dengan memasang papan iklan, kampanye di media sosial, dan bahkan sempat mengirim pesawat untuk berputar-putar di atas studio.

Hal ini karena fakta bahwa film Justice League yang dirilis 2017 ternyata lebih banyak menggunakan adegan baru yang disyuting ulang oleh Joss Whedon. Sementara adegan-adegan yang telah dibuat Snyder sebelum mundur dari kursi sutradara justru banyak yang tidak ditampilkan.

Walaupun Whedon adalah salah satu sutradara berpengalaman, namun ia dinilai tak bisa menghadirkan Justice League dengan visi yang sama seperti yang dimiliki oleh Snyder. Klik halaman selanjutnya untuk melihat fakta-fakta lainnya.

4. Versi Zack Snyder

Justice League versi Zack Snyder.

Photo :
  • Warner Bros. Pictures

Februari 2020, Warner Bros. akhirnya memutuskan Zack Snyder melanjutkan Justice League versinya. Pada bulan Mei di tahun yang sama, Snyder mengumumkan bahwa film Justice League aslinya akan dirilis sebagai Justice League versi Zack Snyder di platform streaming HBO GO.

Dibutuhkan biayanya sekitar US$70 juta (Rp1 triliun) untuk menyelesaikan efek visual, skor dan pengeditan, dengan tambahan materi baru difilmkan pada Oktober 2020.

Zack Snyder's Justice League awalnya direncanakan untuk rilis sebagai miniseri dengan total empat episode, tetapi akhirnya diputuskan untuk dirilis sebagai satu film utuh berdurasi empat jam.

5. Zack Snyder tak dibayar

Ben Affleck sebagai Batman dan sutradara Zack Snyder

Photo :
  • Warner Bros. Pictures

Zack Snyder tak dibayar untuk melanjutkan film Justice League versinya ini. Meski begitu, ia akan tetap menerima royalti film sebagai sutradara.

Pria yang juga menyutradarai Man of Steel dan Batman v Superman: Dawn of Justice itu mendedikasikan film ini untuk mendiang anaknya, Autumn Snyder dan tentu saja, para fans DC.

6. Joker

Jared Leto sebagai Joker di Justice League versi Zack Snyder.

Photo :
  • Comic Book

Film dengan kategori rating 16 di seluruh kawasan Asia ini juga bakal menghadirkan satu adegan baru yang melibatkan Joker (diperankan oleh Jared Leto). Jared Leto sendiri tak terlibat sama sekali di film Justice League tahun 2017.

7. Adegan baru

Justice League versi Zack Snyder.

Photo :
  • Warner Bros. Pictures

Adegan lainnya yang ada di film ini memang merupakan adegan yang telah dibuat sebelumnya oleh Snyder dan tidak ditayangkan di Justice League 2017.

Adegan-adegan aslinya yang belum pernah dirilis termasuk adegan Deathstroke (Joe Manganiello), Martian Manhunter/Calvin Swanwick (Harry Lennix) dan Ryan Choi (Zheng Kai) untuk melengkapi kisah mitologi ini, dan tampilan perdana dari New God Darkseid (Ray Porter).

Cuplikan tersebut bahkan menyertakan dengan adegan akhir yang baru diambil dan after credit terbaru.

Ada pula adegan baru yang melibatkan Flash dan Joker. Bersama Ezra Miller yang saat itu sedang mengambil gambar Fantastic Beasts di Inggris, Snyder harus mengarahkan sebuah adegan baru bersama dia melalui konferensi video di Zoom.

Pada waktu bersamaan, dia dapat menyampaikan kekecewaannya bahwa Batman dan Joker tak pernah dapat bertemu langsung, maka dia membawa Jared Leto ke studio hanya untuk mengambil satu adegan.

Proses produksi tetap berjalan meski ancaman pandemi meningkat, dengan tim VFX internasional yang bekerja dari jarak jauh untuk menuntaskan atau melakukan ribuan pengambilan gambar ulang.

Komposer ternama Junkie XL, yang dikenal sebagai Tom Holkenborg, kembali hadir dalam proyek ini, menulis lagu-lagu baru yang menceritakan tentang karakter dan perjuangan tiap karakter.

8. Durasi 4 jam 2 menit

Baca terus artikel ini sampai selesai untuk mengetahui berita selengkapnya.

Justice League.

Photo :
  • Warner Bros

Tak seperti kebanyakan film layar lebar yang berdurasi kurang dari 2 jam, Zack Snyder’s Justice League dua kali lebih panjang. Kamu mungkin bertanya-tanya, apa yang ditambahkan oleh sang sutradara, Zack Snyder, dalam kisah epik ini hingga perlu tambahan waktu 2 jam? Jawabannya, sangat banyak!

Dalam versi ini, para penonton akan diajak melihat lebih dalam tentang setiap anggota Justice League, Superman/Clark Kent (Henry Cavill), Batman/Bruce Wayne (Ben Affleck), Wonder Woman/Diana Prince (Gal Gadot), The Flash/Barry Allen (Ezra Miller), Aquaman/Arthur Curry (Jason Momoa) dan Cyborg/Victor Stone (Ray Fisher), juga pengalaman dan kisah masa lalu yang memotivasi mereka saat ini.

Penonton juga bakal diajak untuk menyelami kehidupan mereka yang rumit, di mana Snyder memperkenalkan ibu Victor Stone, Elinore (Karen Bryson) dan perempuan yang disukai Barry Allen, Iris West (Kiersey Clemons).

Film ini juga memiliki alur cerita lebih emosional bagi Lois Lane (Amy Adams), dengan konteks lebih luas pada kisah masa lalu Aquaman dari Vulko (Willen Dafoe), serta rasa cinta mendalam Silas Stone (Joe Morton) pada anaknya, Cyborg.

9. Terbagi menjadi 6 bagian

Justice League.

Photo :
  • Warner Bros

Berdurasi lebih dari empat jam, Zack Snyder's Justice League terbagi menjadi enam bagian. Kamu bisa memilih untuk menonton kisah epik ini sekaligus, atau menikmatinya dengan menonton tiap bagian satu per satu.

Berikut ini adalah judul keenamnya.

Bagian 1: Don't Count On It, Batman

Bagian 2: Age of Heroes

Bagian 3: Beloved Mother, Beloved Son

Bagian 4: Change Machine

Bagian 5: All The King's Horses

Bagian 6: Something Darker.

Epilog

10. Kostum superhero lebih otentik

Justice League

Photo :
  • DC Films

Kostum superhero seringkali nampak seperti aslinya. Namun, kenyataannya, kostum dari bahan lateks tidak tahan lama. Setelah empat tahun, penutup kepala Batman rusak saat Ben Affleck mencoba memakainya.

Namun, mereka tetap melanjutkan syuting dengan menggunakan kostum itu, memberi kesan lebih otentik untuk suasana pasca kehancuran.

Zack Snyder's Justice League tayang di Indonesia berbarengan dengan di Amerika Serikat, Kamis besok, 18 Maret 2021 di HBO GO.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya